MAKASSAR , BACAPESAN- Life Hospitality Hotel Group melakukan kerjasama dengan dua hotel di kota Makassar yaitu Raising Hotel dan Hotel Sutomo. Kerja sama ini menggenapkan delapa hotel dibawah naungan Life Hospitality, Minggu (1/6/2025)
Kerja sama ini terbilang cukup berani ditengah kondisi perhotelan di Indonesia termasuk di kota Makassar yang terbilang sedang redup akibat kebijakan efisiensi anggaran dari pemerintah.
Direktur Life Hospitality, Budi Patiran mengatakan Raising Hotel dan Hotel Sutomo merupakan dua hotel baru yang menjadi hotel ke 7 dan 8 dibawah naungan Life Hotel. Khusus hotel Sutomo ada total 51 kamar yang akan dikerjasamakan.
“Kami Life Hospitality sudah mulai pada tahun 2022 dan saat ini sudah 8 hotel. Makassar adalah kota yang sangat kompetitif untuk industri perhotelan karena banyak pemain. Selain itu ada berbagai kebijakan dari pemerintah, tetapi kami percaya bahwa dengan kami bekerjasama hotel-hotel lokal, kami bisa bergabung untuk meningkatkan efisiensi dari hotel-hotel yang kami kelolah,” ujarnya.
“Kita saat ini mengalami kondisi yang cukup berat karena beberapa kebijakan aturan pemerintah yang menyebabkan daya beli terpengaru sehingga city okupansi 20-30 persen. Namun diharapkan setelah kerja sama ini bisa mengalami peningkatan,” tambahnya.
Cluster General Manager of Makassar Region, Fitri Kusuma Wardhani Prints menyampaikan rasa bangganya terhadap pencapaian Life Hospitality yang mengalami peningkatan hingga 70 persen atau terbilang normal ditengah kondisi saat ini.
“Kami menyadari bahwa pembukaan hotel di masa seperti ini bukanlah langkah yang mudah. Namun, kami percaya bahwa peluang selalu hadir di balik tantangan. Hotel ke-7 ini merupakan bukti nyata dari optimisme dan strategi jangka panjang kami dalam menjawab kebutuhan pasar yang terus berkembang,” Ujarnya
Kisah Kolaborasi yang Menginspirasi
Ibu Fitri juga mengungkapkan cerita menarik di balik bergabungnya hotel ke-7 dan ke-8 ini ke dalam keluarga besar Life Hospitality. Sebelumnya, hotel ini merupakan kompetitor langsung dari salah satu properti group, dengan lokasi yang sangat berdekatan.
“Namun, kami percaya bahwa kekuatan kolaborasi jauh lebih besar daripada kompetisi. Dengan semangat kebersamaan dan visi yang sejalan, kami berhasil menjalin hubungan yang baik dan menjadikan properti ini bagian dari grup kami. Ini adalah langkah strategis yang tidak hanya memperkuat posisi kami di Makassar, tetapi juga menjadi bukti bahwa sinergi dapat menciptakan nilai tambah yang lebih besar bagi semua pihak,” jelasnya.
Lebih jauh, pihaknya menyasar pasar yang tidak tersentuh di kota Makassar, bukan hanya pasar menengah ke atas. (Hikma)