TAKALAR, BACAPESAN- Untuk menjamin pelayanan air bersih yang maksimal kepada masyarakat, Bupati Takalar Ir. H. Mohammad Firdaus Daeng Manye, MM melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Perumda Tirta Panrannuangku (PDAM Takalar), Rabu (25/6/2025).
Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung kondisi fasilitas, operasional harian, serta sistem administrasi yang diterapkan oleh PDAM. Dalam sidaknya, Bupati Firdaus menekankan pentingnya pelayanan publik yang efisien dan transparan.
“Hari ini saya melakukan kunjungan untuk melihat langsung bagaimana operasional dan pelayanan di Perumda Tirta Panrannuangku. Kami ingin memastikan bahwa sistem yang digunakan berjalan dengan baik dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.
Lebih lanjut, Bupati mendorong PDAM Takalar untuk segera bertransformasi ke sistem berbasis digital. Menurutnya, digitalisasi akan mempermudah pengawasan administrasi serta memantau kondisi jaringan perpipaan secara real-time, termasuk mendeteksi gangguan atau kebocoran.
“Kedepan, kami ingin agar pengelolaan dan administrasi di PDAM mengadopsi sistem digital. Ini penting agar semua dapat dikendalikan dan dimonitor secara efisien. Termasuk dalam hal pelayanan jaringan pipa, kita bisa segera tahu jika ada gangguan di suatu wilayah,” jelasnya.
Bupati juga menegaskan harapannya agar pelayanan air bersih menjangkau lebih banyak warga yang selama ini belum terlayani. Selain itu, ia berharap PDAM Takalar dikelola secara profesional dan efisien agar mampu memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah.
“Saya ingin PDAM mampu menghadirkan layanan prima bagi pelanggan, serta memperluas jangkauan layanan ke wilayah yang belum tersentuh. Dengan sistem manajemen yang baik, saya yakin PDAM bisa menjadi motor penggerak pelayanan publik dan kemajuan daerah,” pungkasnya. (Tiro)