JAKARTA, BACAPESAN– PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berkomitmen terus mengembangkan layanan digital dengan menggelar Vaganza balé by BTN di Atrium Royal Plaza, Surabaya, Kamis (17/7).
Dalam acara pameran properti tersebut, pengunjung juga bisa menikmati lifestyle bazaar dan fun city tour hingga acara berakhir pada 20 Juli 2025.
Regional Office Head BTN Jatim, Bali, dan Nusra Carly Tambunan menjelaskan bahwa acara ini menjadi bagian dari upaya BTN menghadirkan layanan keuangan yang lebih modern. Vaganza menghadirkan 20 pengembang properti dari berbagai asosiasi, baik rumah subsidi maupun non-subsidi, sebagai mitra strategis BTN.
“Acara ini kami selenggarakan untuk mendorong transaksi non-tunai menggunakan QRIS BTN, khususnya melalui super app kami balé by BTN. Semua transaksi, mulai dari pembelian pulsa, token listrik, hingga transfer antarbank dapat dilakukan dengan mudah dalam satu genggaman,” ujar Carly di Atrium Royal Plaza, Surabaya, Kamis 17 Juli.
Dalam kolaborasi dengan Royal Plaza, seluruh tenant di bawah grup Pakuwon tersebut diharap dapat menggunakan QRIS BTN dalam transaksinya. “Kami turut mendukung program Pemerintah dan regulator untuk mendorong masyarakat bertransaksi cashless atau secara digital,” tambah Carly.
BTN juga menyematkan fitur Properti dalam aplikasi balé yang mendukung proses transaksi KPR. Dalam momen pameran ini, BTN menawarkan berbagai promo menarik seperti suku bunga KPR 3,5%, diskon biaya provisi, dan administrasi masing-masing 50%.
Dengan balé by BTN, nasabah juga bisa mengajukan KPR secara online yang akan mempercepat proses kredit. BTN mencatat, hingga Mei 2025, terdapat lebih dari 2,5 juta pengguna balé by BTN. Angka itu menunjukan pertumbuhan pengguna aktif mencapai lebih dari 20% secara tahunan (year-on-year/YoY).
Volume transaksi pun meningkat drastis, tumbuh 135% yoy dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Jenis transaksi dengan pertumbuhan tertinggi antara lain QRIS, transfer antarbank (BI-FAST dan On Us), serta pembayaran dan pembelian seperti tagihan listrik dan top up e-wallet.
Setelah menghadirkan layanan QRIS CPM (Customer Presented Mode), QRIS Crossborder, dan QRIS Transfer, kini BTN juga gencar melakukan pengembangan inovasi yang meliputi fitur layanan paylater, serta sistem keamanan dan infrastruktur yang lebih andal.
“Tujuan kami adalah menjadikan balé by BTN sebagai one stop solution keuangan digital, mendukung visi BTN sebagai mitra utama dalam pemberdayaan finansial keluarga Indonesia,” tutup Carly. (JP)