JAKARTA, BACAPESAN– Selama ini, Daihatsu dikenal luas sebagai merek mobil pilihan masyarakat yang mengincar kendaraan terjangkau dan irit untuk mobil pertama. Tapi kini, pabrikan asal Jepang itu siap naik kelas. Setelah puluhan tahun mengandalkan segmen mobil murah dan ramah kantong, Daihatsu mulai memasuki fase baru: menghadirkan kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi hybrid murni yang siap dinikmati masyarakat Indonesia.
Langkah ini bukan tiba-tiba. Sejak 2021, secara global Daihatsu sudah mulai memproduksi kendaraan elektrifikasi sebagai bagian dari komitmen mengurangi emisi karbon dan mendukung mobilitas masa depan yang lebih berkelanjutan. Kini, komitmen tersebut sampai di Indonesia lewat peluncuran ‘Real Hybrid’ sebuah teknologi hybrid sesungguhnya yang akan dikenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.
Diklaim kalau ‘Real Hybrid’ menjadi gebrakan baru bagi Daihatsu, memadukan efisiensi bahan bakar tinggi dengan sensasi berkendara ala mobil listrik. Yang menarik, mobil hybrid ini tidak perlu di-charge eksternal karena menggunakan mesin bensin sebagai generator untuk mendukung motor listriknya. Teknologi ini tidak hanya hemat bahan bakar, tetapi juga rendah emisi dan tetap memberikan akselerasi yang responsif.
“Real hybrid menjadi bukti nyata komitmen Daihatsu dalam mendukung target karbon netral sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang efisien dan tentunya ramah lingkungan,” ujar Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor di Jakarta, Kamis 17 Juli malam.
Daihatsu memang bukan pemain baru. Hingga Juni 2025, merek ini mencatat penjualan ritel lebih dari 66 ribu unit dengan pangsa pasar 17,1 persen. Posisi mereka pun masih kukuh di peringkat kedua nasional, yang sudah dipertahankan selama 16 tahun berturut-turut.
Mobil-mobil Daihatsu seperti Sigra, yang jadi pilihan utama mobil pertama keluarga, dan Gran Max, andalan para pelaku usaha kecil, masih menjadi tulang punggung penjualan. Tapi dengan kehadiran teknologi ‘Real Hybrid’, Daihatsu menunjukkan bahwa mereka tidak hanya ingin jadi sahabat bagi pembeli mobil pertama, tapi juga siap menemani perjalanan masyarakat menuju masa depan yang lebih hijau.
Dengan transformasi ini, Daihatsu tampaknya ingin membuktikan bahwa mobil murah bukan berarti murahan, dan bahwa teknologi canggih pun bisa diakses semua kalangan. Era baru kendaraan hybrid Daihatsu pun dimulai. (JP)