Komitmen Tata Pasar dengan Baik, Disperindag Parepare Gunakan Pendekatan Persuasif ke Pedagang

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Mengawali Tahun 2022, Dinas Perdagangan (Disperindag) Kota Parepare menunjukkan eksistensinya turun membenahi pasar-pasar serta menata para pedagang.

Kepala Dinas Perdagangan, Prasetyo Catur pimpin kunjungan pasar di lapangan didampingi Kepala Bidang Perdagangan Ady Zulkifli, juga bersama Kepala UPTD, Rahim Sadda memantau pedagang yang masih berjualan di luar pasar, enggan menempati pasar baru.

“Sesuai komitmen, saya akan selalu memantau dan terus menata pasar-pasar yang baru untuk tetap dimasuki oleh para pedagang yang masih berada di trotoar atau yang masih berada di luar,” jelasnya

“Ini tugas yang berat tapi Insya Allah semua dengan pelan-pelan pendekatan persuasif, kita akan benahi pasar ini yang berdagang bukan dalam pasar,”tambahnya.

Terkait dengan keluhan pedagang yang tidak memiliki tempat, ia berjanji akan membenahi dan akan mencarikan tempat untuk ditata sesuai zona dagangan mereka.

“Keluhan pedagang banyak sekali, terkait sarana dan prasarana yang kurang bagus, dan juga kurangnya pembeli di dalam. Inilah menjadi tugas kami untuk menarik masuk para pedagang yang masih ada di luar. Berikan kami waktu untuk itu karena ini hal yang tidak mudah tapi menjadi tanggung jawab kami,” tandasnya.

Menurutnya, penataan pasar tersebut berotensi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi pasar.

“Kalau kita mulai menata dengan bagus berapa los yang ada di dalam dan berapa pedagang di luar pasar, maka kita bisa menghitung potensi PAD,” tambah Prasetyo
(***)

  • Bagikan