Belum Puas dengan Matahari Buatan, Kini China Ingin Membuat Bulan Buatan

  • Bagikan

CHINA, BACAPESAN.COM – Usai sukses membuat Matahari buatan, imuwan China kini telah membangun fasilitas penelitian “Bulan buatan” yang akan memungkinkan mereka untuk mensimulasikan lingkungan dengan gravitasi rendah menggunakan magnet.

Fasilitas itu dijadwalkan untuk melaksanakan peluncuran resmi tahun ini, dan akan menggunakan medan magnet yang kuat di dalam ruang vakum berdiameter 2 kaki (60 cm) untuk membuat gravitasi seakan “menghilang.”

Para ilmuwan terinspirasi oleh percobaan sebelumnya yang menggunakan magnet untuk melayangkan katak.

Li Ruilin, seorang insinyur geoteknik di Universitas Pertambangan dan Teknologi China, mengatakan kepada South China Morning Post, bahwa ruangan itu akan diisi dengan batu dan debu untuk meniru permukaan bulan, dan merupakan “yang pertama di dunia”, dan itu bisa mempertahankan kondisi gravitasi rendah “selama yang Anda inginkan.”

Para ilmuwan berencana untuk menggunakan fasilitas itu untuk menguji teknologi di lingkungan gravitasi rendah yang berkepanjangan sebelum dikirim ke bulan, di mana gravitasi yang akan dihasilkan hanya seperenam dari kekuatan gravitasi di Bumi.

Ini akan memungkinkan mereka untuk mengatasi masalah teknis yang mahal, serta menguji apakah struktur tertentu akan bertahan di permukaan bulan dan menilai kelayakan pemukiman manusia di sana.

“Beberapa eksperimen, seperti uji benturan, hanya perlu beberapa detik [di simulator],” kata Li.

“Tapi dalam eksperimen yang lain, seperti pengujian creep, bisa memakan waktu beberapa hari,” tes ini dapat mengukur seberapa banyak material akan berubah bentuk di bawah suhu dan tekanan konstan. (space/*)

  • Bagikan