Tonga Dihantam Tsunami setelah Letusan Gunung Berapi

  • Bagikan

TONGA, BACAPESAN.COM – Letusan gunung berapi besar dan tsunami di Tonga telah menyebabkan kerusakan besar, rumah-rumah hancur dan banyak komunitas tertutup lapisan abu tebal. Pemerintah Tonga mengatakan negara itu telah dilanda “bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

Kabel bawah laut tunggal yang menghubungkan Tonga ke dunia luar terputus akibat letusan. Pelabuhan di ibu kota, Nuku’alofa di pulau utama Tongatapu, telah rusak parah, dengan banyak bangunan di dekat pantai rata dengan tanah.

Diperkirakan mereka dihancurkan oleh gelombang tsunami ketika menghantam pulau itu, tak lama setelah letusan di dekat Hunga-Tonga Hunga-Ha’apai. Sedikit yang tersisa dari Hunga-Tonga-Hunga-Ha’apai, di mana letusan gunung berapi terjadi pada hari Sabtu. Citra satelit menunjukkan hanya sebagian kecil tanah yang tersisa di atas air.

Meskipun kerusakan di tepi pantai di Nuku Ľalofa, daerah pedalaman dilaporkan sebagian besar tidak rusak. PBB melaporkan kerusakan parah pada properti di pantai barat Tongatapu. Gelombang setinggi 15 meter menghantam kawasan itu pada Sabtu.

Laporan dari daerah itu mengatakan 56 rumah rusak total atau parah, dan penduduk telah dipindahkan ke pusat-pusat evakuasi.

Ada juga kekhawatiran yang berkembang bagi penduduk pulau-pulau kecil yang lebih rendah di utara Tongatapu.
Pihak berwenang di Tonga mengatakan semua rumah di satu pulau, di mana sekitar 50 orang tinggal, telah hancur, sementara di pulau lain hanya tinggal dua rumah. Pulau-pulau lain juga mengalami kerusakan parah.

Bandara utama Bandara Internasional Fua’amotu, tidak rusak, tetapi tumpukan abu menghalangi operasi dan upaya bantuan internasional. Relawan telah menyapu landasan pacu bandara utama untuk memungkinkan pesawat mendarat.

Australia mengatakan abu harus dibersihkan sebelum dapat mendaratkan pesawat militer C-130 yang membawa pasokan.

Selandia Baru mengirim dua kapal, HMNZS Wellington dan HMNZS Aotearoa, ke daerah itu dengan pasokan air, tim survei, dan sebuah helikopter. (bbc/*)

  • Bagikan