Minum Kopi Dulu atau Sikat Gigi Dulu? Ada Risikonya Lho

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Minum kopi adalah hal yang paling mengasikan untuk memulai hari. Bahkan sebagian orang kemudian lebih memilih untuk minum kopi terlebih dahulu, ketimbang menggosok gigi usai bangun tidur.

Ada yang berpendapat bahwa menggosok gigi usai bangun tidur, dapat merubah cita rasa kopi yang akan mereka seruput pagi itu.

Dengan demikian, menggosok gigi setelah minum kopi, lebih dipilih sebagian orang, untuk menikmati waktu minum kopi mereka di pagi hari.

Pertanyannya, apa efek minum kopi sebelum sikat gigi? Inilah pertanyaan yang coba dijawab seorang dokter digi lewat sebuah artikel.

Menurut dokter gigi Christine Meiner dari San Antonio, Amerika Serikat, menggosok gigi sebelum minum kopi punya benefit yang besar, khususnya untuk mereka pecinta kopi.

“Jika Anda minum kopi (setelah menggosok gigi), maka kopi tidak akan menempel pada gigi Anda,” kata Christine Meiner seperti dikutip FIN (3/2) dari Huff Post.

KESALAHAN BESAR

Jika Anda pecinta kopi dan rajin menggosok gigi setelah ngopi, hal ini justru sangat tidak dianjurkan oleh dokter gigi.

Mengapa demikian, kerusakan gigi yang disebabkan kebiasaan orang menggosok gigi usai ngopi, adalah penyebabnya.

Perlu diketahui, kopi adalah jenis minuman dengan kandung asam di dalamnya. Ketika orang menggosok gigi usai ngopi, ha ini akan melemahkan enamel gigi.

Enamel adalah lapisan terluar gigi yang melindungi gigi dari kerusakan, salah satunya kerusakan gigi akibat reaksi kimiawi.

Ketika dilakukan sebagai rutinitas harian, maka jangan heran jika kerusakan gigi dikemudian hari tak terhindarkan.

WAKTU YANG TEPAT UNTUK MINUM KOPI

Well, seperti dilansir Healthline, minum kopi tepat setelah bangun tidur, disebut dapat mengurangi efeknya untuk membuat Anda lebih cepat terjaga.

Untuk alasan di atas, minum kopi tidak lama setelah Anda terbangun, kurang dari 30 menit, dapat mengurangi khasiatnya.

Jika menginginkan kopi sebagai energy booster, alias bikin Anda lebih semangan memulai hari, menunggu beberapa jam setelah terbangun, adalah yang paling direkomendasikan.

Ingin lebih bersemangat memulai hari dengan kopi, jangan terburu-buru untuk menyeruputnya. (fin/*)

  • Bagikan