Ciri-ciri Radang Tenggorokan Biasa dan Omicron

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Radang tenggorokan merupakan salah satu gejala Covid-19 varian Omicron. Kenali ciri-ciri radang tenggorokan.

Radang tenggorokan adalah kondisi yang terjadi ketika kotak suara atau pita suara di tenggorokan mengalami iritasi atau bengkak.

Dokter spesialis THT di RS Pondok Indah-Pondok Indah Cita Herawati menjelaskan radang tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa alasan.

Radang tenggorokan itu penyebabnya macam-macam, bisa alergi, kena kuman juga bisa, kena virus juga bisa,” kata Cita, Jumat (11/2).

Umumnya, gejala atau ciri yang ditimbulkan saat sakit tenggorokan dari setiap penyebab adalah sama dan sulit dibedakan, termasuk antara sakit tenggorokan biasa dan karena Omicron.

Namun, pada varian Omicron biasanya diikuti dengan gejala lain misalnya demam, kelelahan, dan diare.

Berikut ciri-ciri radang tenggorokan:

Suara serak (serak)

Terkadang suara hilang

Batuk

Sakit di sekitar tenggorokan
Berlendir

Tenggorokan kering

Untuk memastikan penyebab sakit tenggorokan di masa pandemi ini, Cita menyarankan setiap orang yang mengalami gejala sakit tenggorokan untuk melakukan pemeriksaan swab antigen atau swab PCR.

“Enggak bisa dibedakan kuman atau virus. Jadi, di saat pandemi kita harus waspada bahwa kemungkinan Omicron atau penyebabnya Omicron jadi lebih besar. Makanya pada pasien yang ada keluhan sakit tenggorokan, sebaiknya mereka bisa tes sendiri paling mudah itu antigen,” kata Cita.

Jika hasil pemeriksaan positif Covid-19 maka lakukan pemeriksaan dan jalani isolasi mandiri. Jika negatif Covid-19, radang tenggorokan dapat diobati dengan sejumlah pengobatan. Umumnya radang tenggorokan hilang dengan sendirinya dalam 1-2 minggu. (int/*)

  • Bagikan