Air Kelapa Disebut Bisa Jadi Obat COVID-19, Mitos Atau Fakta?

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Mineral, protein dan vitamin disebut sebagai nutrisi yang baik untuk merawat imun tubuh. Hal itu disebut bisa menghindarkan kita dari paparan virus Corona (COVID-19).

Salah satunya dalam bentuk air kelapa hijau (kelapa Ijo/kelapa yang belum memiliki daging dan hanya berisi air).

Air kelapa selain bermanfaat menghidrasi, ternyata juga mengandung mineral sehingga dapat menjaga keseimbangan tubuh dengan lebih baik lagi.

Tidak hanya itu saja, rupanya air kelapa memiliki banyak manfaat lainnya yang positif dan memberikan keuntungan berganda bagi kamu yang rutin mengkonsumsinya.

Hal itu diungkapkan oleh Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., pakar nutrisi dan juga Ketua dari Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA), dikutip dari Antara, Senin 14 Februari 2022.

DR Rita menyebutkan bahwa air kelapa dapat membantu status hidrasi dan menyeimbangkan elektrolit lebih baik daripada air biasa.

“Air kelapa menyediakan banyak nutrisi dan elektrolit yang membantu pemulihan pasca infeksi atau setelah berolahraga,” demikian ujar DR Rita.

Ia juga mengungkap, dalam Tabel Komposisi Pangan Indonesia 2019, tercatat air kelapa berlimpah dalam kandungan elektrolit terutama kalium, juga terdapat kalsium, natrium dan magnesium.

Selain itu, air kelapa juga membantu mengurangi tekanan darah dan risiko stroke.

Air kelapa juga dapat mendukung pencernaan yang baik sehingga tubuh dapat melakukan metabolisme dengan maksimal.

Hal ini terjadi karena kandungan magnesium dan mineral di dalam air kelapa yang membantu menjaga segala sesuatunya tetap bergerak dan mencegah sembelit.

Ketika sakit atau terinfeksi COVID-19, tubuh bisa kehilangan sejumlah besar cairan saat kita demam, atau muntah dan diare.

Maka itu, minum air kelapa disebut bisa menjadi upaya agar sistem imunitas tubuh lebih cepat membaik ketika terserang COVID-19.

Meski demikian, air kelapa tidak bisa disebut sebagai obat COVID-19, melainkan hanya membantu meningkatkan imun tubuh saja supaya mampu melawan virus yang masuk dan menyerang sistem kekebalan tubuh kita. (fin/*)

  • Bagikan