Begini Riwayat Penyakit Dorce Hingga Meninggal Dunia, Terakhir Terpapar COVID-19

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Artis senior Dorce Gamalama meninggal dunia pagi tadi, Rabu 16 Februari 2022.

Dorce meninggal di usianya yang ke 58 tahun. Dorce hembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Simprug, Jakarta, sekitar pukul 07.00 WIB.

Kondisi Dorce sebelumnya naik turun. Dia sempat dilarikan ke ICU karena tak sadarkan diri.

Dorce disebut memiliki beberapa riwayat penyakit. Diantaranya, Dorce menderita diabetes. Penyakit ini sudah menyebar ke organ vital lainnya seperti ginjal, jantung dan saraf.

Dorce juga sempat mengidap sakit batu ginjal pada 2019. Penyakit ini sempat membuatnya keluar masuk rumah sakit.

Pada Oktober 2021, Dorce juga sempat dilarikan ke rumah sakit usai tidak sadarkan diri karena mengalami penyakit hipoglikemia.

Hipoglikemia adalah kondisi saat kadar gula atau glukosa dalam darah terlalu rendah.

Glukosa adalah sumber energi utama untuk otak dan tubuh. Saat glukosa rendah, tubuh dapat mengalami kejang, pingsan, hingga kerusakan otak.

Selain itu, Dorce didiagnosis mengidap penyakit demensia alzheimer.

Dilansir dari Mayo Clinic, alzheimer adalah gangguan neurologis progresif yang menyebabkan penyusutan otak atau atrofi hingga membuat sel-sel otak mati.

Penyakit alzheimer merupakan penyebab paling umum dari demensia yaitu turunnya kemampuan berpikir, perilaku dan keterampilan sosial seseorang.

Yang terakhir, Dorce terpapar virus COVID-19 hingga harus mendapat perawatan khusus di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Simprug, hingga akhirnya meninggal dunia. Jenazah Almarhum ditangani dengan protokol kesehatan. (fin/*)

  • Bagikan