Pertamina Royal Biringkanaya, Rumah Sakit Khusus Otak dan Jantung Bakal Beroperasi

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- PT Pertamina (Persero) melalui Pertamedika Indonesian Health Corporation (IHC) akan menghadirkan

Rumah Sakit Khusus Otak dan Jantung (RSKOJ) Pertamina Royal Biringkanaya.

Rumah Sakit yang berlokasi di Jalan Pajayyang, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar ini hadir dengan berbagai fasilitas yang mutakhir untuk menjangkau pelayanan masyarakat di bidang kesehatan khususnya untuk melayani penyakit otak dan jantung.

Pertamina Royal Biringkanaya ini akan beroperasi di bawah pengelolaan PT Pertamedika IHC, Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero), yang merupakan Holding RS BUMN Indonesia.

Pertamina Royal Biringkanaya nantinya akan dilengkapi dengan Centre of Excellent atau layanan unggulan sesuai dengan standar nasional dan disiapkan untuk menjadi pusat rujukan kesehatan otak dan jantung di Indonesia Bagian Timur.

Fasilitas layanan yang dimiliki meliputi IGD, Ruang Radiologi CT Scan, MRI, Rontgen, Panoramic, USG, Cathlab Neuro dan Jantung, Laboratorium, Hemodialisa, Rehab Medik, Poli, Farmasi, Ruang Rawat regular dan anak, mulai dari Kelas 3, Kelas 2, Kelas 1, VIP dan VVIP, Ruang ICU, PICU, NICU, Ruang Operasi, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Atas hal tersebut, Sekretaris Menteri BUMN RI, Susyanto yang melakukan kunjungan dalam rangka meninjau progres pembangunan Rumah Sakit yang didirikan di atas lahan seluas 5.705 meter persegi dan luas bangunan 11.389 meter persegi dengan progres pengerjaan mencapai 93 persen.

Kunjungan sekaligus Sesmen BUMN tersebut didampingi oleh, Deputy Bidang Industri Kesehatan Aditya Dhanwantara, SVP Upstream & Portofolio Co Business Development & Portofolio Pertamina Edy Karyanto dan Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Agus Dwi Jatmoko.

Dalam sambutannya Susyanto mengatakan, pembangunan RS Pertamina Royal Biringkanaya merupakan salah satu wujud Komitmen Pemerintah dalam hal ini KBUMN untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah Indonesia Timur khususnya Sulawesi.

“Rumah Sakit ini kami siapkan untuk menjadi center of service di wilayah Timur Indonesia dengan didukung oleh berbagai inovasi terkini dan penggunaan teknologi terbaru yang akan memberikan banyak kemudahan. Fasilitas kesehatan yang dikhususkan untuk otak dan jantung sangat penting untuk bisa dirasakan masyarakat. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak baik masyarakat maupun stakeholder yang telah memberikan dukungan,” ujarnya Rabu (16/2) kemarin.

Sementara itu Edy Karyanto SVP Upstream & Portofolio Co. Business Development & Portofolio Pertamina, menegaskan, RS Pertamina Khusus Jantung dan Otak ini merupakan langkah nyata upaya Pertamina untuk dapat menjawab tantangan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan berstandar tinggi, terutama untuk wilayah Indonesia Timur.

“Apalagi di masa Pandemi yang belum usai ini, dimana kesehatan menjadi salah satu factor penting untuk pemulihan roda perekonomian masyarakat, dan untuk mencapai hal itu, kuncinya gerak cepat dan kolaborasi,” tuturnya. (*)

  • Bagikan