Perkenalkan, Ini Fitur Baru PS5

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – PS5 mendapatkan fitur baru, salah satu fitur yang akan memudahkan player untuk nge-share pengalaman bermain mereka.

Menurut TechRadar, lewat update software terbaru, pengguna PS5 akan bisa menggunakan fitur “captures”, untuk membagikan baik screenshot atau pun video recording, via PlayStation App.

Ya, jika dulu Anda harus nge-share langsung dari PS5, kini Anda bisa melakukannya langsung dari HP, dan gak harus lewat konsol kesayangan Anda itu.

Yang perlu diketahui soal fitur baru PS5 ini, adalah file-file Anda hanya akan available selama 14 hari setelah di-capture. Setelah itu, akan terhapus secara otomatis.

Cara menggunakan fitur ini

Yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkannya dari PS5, dan juga dari PlayStation App di ponsel atau tablet Anda.

Di PS5, masuk ke Settings, Captures and Broadcast, aktifkan Auto-Upload.

Fitur sejenis ini sudah lama dimiliki Microsoft Xbox App. Hanya saja yang membedakannya, tidak ada waktu ekspirasi bagi file-file pengguna tersimpan di cloud.

Mungkin ke depannya, PlayStation akan mengikuti jejak Xbox, dalam upaya menjaga memori pengalaman bermain player, lewat screenshot dan video recording mereka.

PS5 akan Mendapatkan Update Besar-besaran

Menurutu TechRadar, PS5 bakal mendapatkan update besar-besaran. Beberapa yang dimaksud adalah update UI PS5, Trophies, Share Play dan Party Chat.

PS5 juga akan dibekali dengan fitur voice commands, untuk menavigasi PS5 baik aplikasi juga game-nya.

Fitur Tersembunyi PS5

Berikut ini beberapa fitur tersembunyi Sony PS5 yang mungkin tidak Anda sadari, seperti dilansir Push Square:

Time Tracker.

Anda kini dapat mengetahui game apa yang paling sering Anda mainkan, dengan mengakses salah satu menu di PS5 kesayangan Anda.

Cara mengaksesnya fitur PS5 ini, pilih PROFILE > GAMES dan daftar game yang Anda miliki akan muncul pada layar. Anda dapat melakukan sortir kategori, pada menu sebelah kiri layar.

Mute All

Anda pastinya sudah menyadari keberadaan tombol ‘mute’ mic pada bagian bawah DualSense Anda (di bawah logo PS).

Namun jika Anda menahannya untuk beberapa detik, maka semua audio di PS5 Anda akan masuk dalam mode all mute. Untuk mengembalikan semua audio, ulang kembali proses di atas.

Shortcut Menu Search

Untuk mengakses menu search lebih mudah, Anda hanya perlu menekan tombol SEGITIGA untuk menggunakan fitur PS5 ini, baik dari menu GAMES atau MEDIA atau PlayStation Store.

Merekam Game dengan Resilusi 4K

Fitur PS5 ini perlu diaktifkan secara manual. Masuk ke SETTING > CAPTURES AND BROADCAST. Pilih SHORTCUTS FOR CREATE BUTTON sesuai selera Anda. Pilih VIDEO CLIP FORMAT > FILE TUPE > MOST EFFICIENT (WEBM).

Setelah itu, ubah MANUAL RECORING RESOLUTION menjadi 3840 x 2160. Video gameplay yang terekam setelah ini adalah menggunakan reso tertinggi.

Main Game Sambil Dengerin Musik

Fitur ini sudah ada semenjak PS4, dan kembali di bawa Sony ke PlayStation 5 mereka. Yang perlu dilakukan adalah mendownload Spotify atau Apple Music dari tab MEDIA.

Setelah itu, konek ke akun Spotify atau Apple Music yang Anda miliki. Buat baru jika ternyata Anda belum memilikinya.

Menghapus Storage PS5 dari Ponsel

Anda bisa menghapus media penyimpanan yang penuh lewat PS App. Setelah masuk ke REST MODE, Anda dapat melakukannya lewat aplikasi yang dimaksud. (fin/*)

  • Bagikan