Terus Melawan, Putin Ancam Hilangkan Ukraina dari Status Kenegaraan

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan menghilangkan status kenegaraan Ukraina jika terus melakukan perlawanan terhadap Moskow.

Ancaman Putin ini dilontarkan saat Ukraina mendesak Barat untuk menerapkan zona larangan terbang ke wilayah udara negara Beruang Putih tersebut pada Sabtu, 5 Maret 2022.

“Otoritas mereka saat ini membahayakan masa depan status kenegaraan Ukraina. Bila itu terjadi, mereka yang akan bertanggung jawab penuh,” tegas Putin dikutip dari AFP, Senin 7 Maret 2022.

Putin mengingatkan, larangan zona terbang di Ukraina bakal membawa konsekuensi ‘kolosal dan menghancurkan’ Eropa bahkan dunia.

“Gerakan apapun ke arah sini akan kami pertimbangkan sebagai partisipasi dalam konflik bersenjata,” kata Putin dalam pertemuan dengan karyawan maskapai Aeroflot.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta negara Barat untuk memberlakukan zona larangan udara demi menekan pergerakan militer Rusia.

Namun, blok Barat menolak menyetujui rencana ini karena takut bakal menimbulkan perang yang jauh lebih besar dengan Rusia.

Seperti diketahui, Rusia kerap mengirimkan rudal dan artileri ke kota-kota Ukraina.

Moskow juga tak jarang meluncurkan serangan udara ke Kyiv, merusak bangunan dan memakan korban jiwa.

Akibat serangan udara Rusia, Ukraina juga mendesak Barat agar memberikan negara itu berbagai kendaraan udara, termasuk jet tempur.

“Permintaan tertinggi kami adalah jet tempur, pesawat serang, dan sistem pertahanan udara,” kata Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba. (fin/*)

  • Bagikan