Kamsina Jabat Sekda Gowa Definitif, Bupati Adnan: Sekda Itu Supporting Sistem di Pemerintahan

  • Bagikan

GOWA, BACAPESAN.COM – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melantik langsung Kamsina sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa definitif setelah sebelumnya sebagai Penjabat (Pj) Sekda Gowa. Pelantikan yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (7/3) berlangsung khidmat.

Bupati Adnan dalam sambutannya mengatakan bahwa pengangkatan Sekda Kabupaten Gowa ini telah melalui beberapa proses dan tahapan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada.

“Saya ingin menyampaikan Sekda itu adalah jabatan yang sangat strategis. Kesuksesannya bupati sangat ditentukan kalau Sekdanya yang baik,” ujar Adnan saat Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa dan Jabatan Fungsional Ahli Utama.

Orang nomor satu di Gowa ini menjelaskan bahwa salah satu fungsi strategis Sekda yaitu memiliki fungsi koordinasi, yaitu mengkoordinasikan seluruh kebijakan kepala daerah kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait agar bisa berjalan dengan lancar.

“Sekda itu supporting system utama seluruh kebijakan kepala daerah dalam hal ini bupati. Karena salah satu fungsi dari Sekda itu adalah mengkoordinasikan seluruh kebijakan kepala daerah agar semua SKPD tahu apa yang menjadi kebijakan lintas SKPD,” jelasnya.

Bupati Adnan berharap Sekda Gowa yang baru dilantik ini bisa menjalankan tugas dengan baik dan menjalin koordinasi yang dengan seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa dan terus melakukan pembinaan kepada Bagian di Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa.

“Selama menjabat Pj. Sekda, saya menganggap Ibu Sekda ini berkinerja baik, maka saya definitifkan menjadi Sekda Gowa. Begitu ada tugas langsung dikerjakan,” ungkap Adnan

Adnan menambahkan setelah pelantikan ini dapat dirinya akan menyurati ke KASN untuk melakukan mutasi jabatan di Lingkup Pemkab Gowa. Dirinya menyebutkan bahwa mutasi ini untuk mengisi kekosongan 7 Kepala SKPD yang saat ini masih dijabat Pelaksana Tugas (Plt).

“Kekosongan ini karena adanya pejabat yang pensiun. Mutasi ini merolling pejabat SKPD ke SKPD lainnya. Setelah kita lakukan mutasi jabatan barulah kita lakukan yang namanya lelang di SKPD yang ditinggalkan,” jelasnya.

Sementara itu, Kamsina usai dilantik menjadi Sekda Kabupaten Gowa definitif mengatakan bahwa tentu ini merupakan amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada dirinya. Olehnya itu, ia akan menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab sesuai apa yang diharapkan oleh Bupati Gowa.

“Apa yang menjadi visi dan misi serta kebijakan bupati, saya akan membantu merealisasikannya dengan mengkoordinasikannya dengan seluruh jajaran SKPD maupun bagian agar bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Selain pelantikan Sekda Gowa, pada kesempatan ini juga dilakukan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan pada Jabatan Fungsional Ahli Utama terhadap drg. Hasniar, M.Kes.

Turut hadir dalam pelantikan ini, Asisten Administrasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Tautoto Tanaranggina, jajaran Forkompinda Kabupaten Gowa, Pimpinan SKPD, Kepala Bagian dan Camat se-Kabupaten Gowa, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gowa, KH. Abubakar Paka. (*)

  • Bagikan