Usung Konsep Embracing Smart University, UMI Dorong Luaran Sertifikasi IT

  • Bagikan

MAKASAR, BACAPESAN.COM- Universitas Muslim Indonesia (UMI) bakal merealisasikan World Class University melalui konsep Embracing Smart University.

Embracing Smart University milik UMI sendiri dibangun dalam empat dimensi diantarannya Smart Governance and Policy, Smart Infrastructur, Smart People With an Embedded Islamic Character, dan Smart System.

Salah satu poin utama dari semangat Embracing Smart University adalah kesiapan berbasis kompetensi bagi luaran UMI, sehingga lebih siap bersaing di dunia kerja pasar global yang sangat terbuka.

Wakil Rektor V UMI Prof. Dr. Hattah Fattah MS, menyebutkan, salah satu yang akan dilakukan UMI dalam menyiapkan lulusan berkompeten adalah mendorong sertifikasi berbasis IT.

“Memang dalam Indikator Kinerja Utama kita itu ada kompetensi IT agar anak-anak kita bisa lebih cepat mengakses ke dunia kerja. Makannya dicanangkan yang nama UMI Embracing Smart University,” kata Prof Hattah di Makassar, Selasa (8/3).

Sementara itu, Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Komputer (FIKOM) UMI Yunita Salim mengatakan, pelatihan dan uji kompetensi untuk meraih Sertifikat IT ini pada dasarnya dibangun dari kesiapan infrastruk di UMI.

Lebih jauh, Yunita memastikan bahwa UMI lewat Fikom telah memiliki fasilitas dan infrastruktur berstandar nasional.

“Saat ini persaingan di dunia kerja di luar sana sudah sangat berat,sehingga membawa ijazah dan transkrip nilai sudah tidak cukup, sehingga saya selalu sampaikan bahwa kita punya Sertifikat Kompetensi yang diakui oleh lembaga resmi baik nasional maupun internasional,” bebernya.

Terakhir, menurut Yunita salah satu kendala dan masalah dalam mengakses sertifikasi IT adalah faktor harga terpaut tinggi yang ditetapkan oleh lembaga-lembaga resmi.

“Supaya Alumni kami bisa memiliki sertifikat kompetensi IT secara gratis, karena salah satu kendala selama ini adalah mahalnya sertifikat kompetensi di luar sana. Makannya dengan beberapa lembaga yang bekerjasama dengan kami, termasuk BDI, kami beruaya menyediakan fasilitas dan tempat yang berstandar nasional. Bukan hanya untuk mahasiswa Ilmu Komputer, tapi untuk mahasiswa UMI secara keseluruhan,” tutup Yunita Salim. (*)

  • Bagikan