Jurus Pemerintah Atasi Persoalan Daging Sapi Nasional

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Badan Pangan Nasional/ NFA (National Food Agency) bersama dengan stakeholder terkait, terus berusaha melakukan perbaikan terhadap pemenuhan daging sapi nasional.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mensinergikan Industri Pangan dan Pupuk, Kementerian BUMN dan Dirjen PKH Kementerian Pertanian guna mempercepat mobilisasi sapi lokal, dengan melakukan peninjauan lahan kandang sapi milik Pupuk Kujang Cikampek (PKC) / Pupuk Indonesia Holding Company Group.

“Pupuk Kujang mempersiapkan kandang sapi kapasitas 1.800 ekor sapi, dan Kementerian Pertanian akan mempersiapkan IKH (Instalasi Karantina Hewan), paralel juga stok sapi lokal bisa langsung ke kandang. Sedangkan Holding Pangan ID FOOD melalui PT Berdikari akan B2B (Business to Business) dengan Pupuk Kujang,” ujar Kepala Badan Pangan Nasional/NFA, Arief Prasetyo Adi di Jakarta, Selasa 15 Maret 2022.

Menurutnya, kerjasama ini pun diharapkan dapat berjalan dalam dua tiga minggu kedepan.

Arief melanjutkan, mulai dari sumber sentra produksi sapi dikumpulkan di kandang setelah itu nanti kerjasama juga dilakukan dengan rumah Rumah Potong Hewan kemudian distribusi melalui pedagang – pedagang pasar.

“Jadi akan menjadi kesatuan ekosistem pangan, bangun ekosistem ini tidak mudah tetapi harus dikerjakan, jadi hari ini Badan Pangan Nasional, BUMN, Asosiasi, swasta berkolaborasi seperti yang sering saya sampaikan bahwa perlu kolaborasi seluruh pihak stakeholders, salah satu maksudnya ya seperti ini,” ungkap Arief.

Sementara itu, Asisten Deputi Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, Zuryati Simbolon mengatakan bahwa tahun 2022 ini pangan akan menjadi prioritas dari Kementerian BUMN dalam mendukung ketahanan pangan nasional, salah satunya BUMN Holding Pangan sudah terbentuk.

“Sekarang kita sedang berusaha untuk membentuk ekosistem pangan untuk semua komoditi, kunjungan kerja hari ini bersama Kepala Badan Pangan Nasional kolaborasi Holding Pangan ID Food melalui PT Berdikari dan PKC, Berdikari yang menyediakan sapinya, PKC menyediakan kandangnya,” ujar Zuryati dalam kesempatan yang sama.

Zuryati melanjutkan, kegiatan ini merupakan dukungan Kementerian BUMN terhadap stabilisasi harga pangan khususnya daging sapi dan daging kerbau, salah satunya dengan membentuk supply chain sinergi BUMN. Ia mengharapkan kedepan ekosistem ini sudah establish dan importasi bisa semakin berkurang.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pupuk Kujang, Maryadi menyampaikan dalam upaya memobilisasi sapi-sapi tersebut, tentu memerlukan penanganan khusus.

Ia pun mengatakan saat ini paralel berkoordinasi dengan tim untuk menyiapkan segala persyaratan teknis untuk menampung 1800 ekor sapi yang merupakan komitmen perusahaan dalam menjaga ketersediaan pangan melalui optinmalisasi aset perusahaan.

“Kita siap bersinergi dan berkolaborasi dengan Badan Pangan Nasional dan BUMN Holding Pangan untuk mendukung rencana ini,” kata Maryadi.

Sementara itu, Plt Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD, Endang Suraningsih menambahkan bahwa kunjungan kerja Ini merupakan kolaborasi antara BUMN untuk sama-sama mendukung program ketahanan pangan nasional dan secara khusus jangka pendek ini adalah untuk kesiapan hari raya keagamaan.

Selain komoditas daging, Ia pun menyebut bahwa holding pangan ID FOOD telah berkontribusi dalam pendistribusian minyak goreng kepada pedagang – pedagang pasar tradisional sampai dengan tanggal 13 Maret 2022 tercatat sebanyak 10,7 juta liter ke beberapa provinsi di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional / NFA Arief Prasetyo Adi beserta rombongan turut meninjau lahan Pertanian untuk komoditas kedelai sebagai potensi kontribusi produksi komoditas kedelai di Indonesia.

Adapun total luasan lahan kedelai sekitar 150 hektare, dilakukan bertahap dan dikelola PT Sang Hyang Seri Member of ID FOOD /Anggota Holding Pangan. Tahapan pertama dilakukan seluas 13 ha lahan untuk tanam kedelai kerjasama dengan Riset Universitas Gadjah Mada. (fin/*)

  • Bagikan