Ibu-ibu Heran, Stok Minyak Goreng Jadi Banyak dan Mahal

  • Bagikan

MAKASSAR,, BACAPESAN.COM – Harga minyak goreng kemasan sudah dikembalikan ke harga pasar tanpa ada batasan harga eceran tertinggi (HET).

Artinya, minyak goreng akan mulai dijual di atas harga Rp 14 ribu per liter.

Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. (Alfamart) Solihin menyatakan minyak goreng di toko-tokonya bakal dijual di kisaran Rp 23 ribuan ke atas mulai 17 Maret 2022.

Ia mengatakan, harga beli minyak goreng sudah mulai disesuaikan pasar di tingkat supplier. Maka dari itu, mulai besok harga minyak goreng akan disesuaikan harganya.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan harga minyak goreng kemasan akan disesuaikan dengan harga keekonomian. Hal ini diungkap Airlangga usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo.

Airlangga bilang dengan kebijakan ini minyak goreng akan tersedia di pasar modern dan juga pasar tradisional.

“Harga (minyak goreng) kemasan lain ini tentu akan menyesuaikan terhadap nilai daripada keekonomian, sehingga tentu kita berharap bahwa dengan nilai keekonomian tersebut minyak sawit akan tersedia di pasar modern maupun di pasar tradisional,” kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Selasa (15/3/2022).

Di sisi lain, pemerintah akan tetap memberikan HET pada minyak goreng curah. Sejalan dengan itu pemerintah memberikan subsidi pada minyak goreng curah, sehingga diharapkan HET minyak goreng curah senilai Rp 14.000 per liter dapat dicapai di pasar.

Sementara itu di Makassar sendiri, stok minyak goreng yang tadinya langka, kembali membludak dengan berbagai macam merek. Hal itu terbukti di salah satu pusat perbelanjaan yakni Lotte Mart. Salah satu ibu-ibu mengambil video dan menjadi viral di media sosial. Dalam video tersebut, ibu itu mengatakan stok minyak tak lagi susah namun harganya melambung.

“Disini minyak banyak ya Ibu-ibu, tidak perlu mengantri lagi, tidak perlu berdesakan, harganya Rp54 ribu per kemasan 2 liter ini,” terangnya dalam video itu.

Tak hanya di Lotte Mart, di pusat perbelanjaan lainnya pun sama. Harga minyak melonjak mulai Rp40.000/ 2 liter dan harganya disesuaikan dengan pasar. (*)

  • Bagikan