Pemkab Wajo Bakal Resmikan Taman Baca, Bisa Baca Buku sambil Kulineran

  • Bagikan

WAJO, BACAPESAN.COM – Pelantikan Bunda Baca Kecamatan dan Desa/Kelurahan sekaligus peresmian Taman Baca akan jadi salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Wajo (HJW) ke-623 pada 29 Maret nanti. Ini salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo meningkatkan minat baca masyarakat.

Sesuai rencananya, kegiatan akan dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Ini akan dilaksanakan di kawasan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Wajo, belakang tribune Lapangan Merdeka, Kota Sengkang, Senin (28/3/2022).

Pembenahan kawasan inipun telah dilakukan sejak pekan lalu, mulai dari pembenahan kantor perpustakaan, pagar, taman, gazebo, hingga pojok baca, berkat kolaborasi beberapa perangkat daerah terkait dan menggandeng pengembang Perumahan Grandhill Atakkae.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, menjelaskan tujuan peresmian taman baca ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Apalagi Bunda Baca Wajo, Sitti Maryam sudah dikukuhkan sebelumnya.

“Setelah Bunda Baca Kabupaten telah dikukuhkan beberapa waktu lalu, Bunda Baca Kecamatan, Desa, dan Kelurahan yang akan dikukuhkan nantinya. Tentu kita dukung visi dan misi mereka. Salah satunya dengan menyiapkan taman baca ini,” ucap Amran Mahmud, saat dikonfirmasi, Jumat (18/3/22).

Di taman baca ini, lanjut Amran Mahmud, juga akan dihadirkan gerobak kuliner bantuan dari Bank Sulselbar yang akan dipinjampakaikan kepada organisasi perempuan di Wajo. Pengelolaannya Dinas Prindagkop bekerja sama TP PKK Wajo.

“Jadi, pengunjung bisa meminjam buku di perpustakaan, kemudian membacanya di taman baca. Bisa juga sambil memesan makanan di gerobak kuliner. Ini tentu akan mendukung perputaran perekonomian dan upaya pemulihan ekonomi,” ucapnya.

Bupati yang dikenal energik inipun menyampaikan terima kasih atas kolaborasi dari perangkat untuk membenahi kawasan ini.

Secara khusus juga, Ketua ICMI Wajo ini mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tinggi bantuan dari Muhammad Tilfa. “Beliau juga telah membantu memperbaiki berbagai sarana dan prasarana Islamic Center sejak dipercayakan sebagai ketua Yayasan Islamic Center,” ucapnya.

Sementara itu, Muhammad Tilfa, Pengembang dari Perumahan Grandhill Atakkae mengatakan, selain menyumbang material, pihaknya juga menyiapkan pekerjanya untuk membantu pembenahan kawasan ini.

‚ÄúSelain untuk menyemarakkan Hari Jadi Wajo, melalui kehadiran taman baca ini, kita berharap bisa meningkatkan semangat baca generasi muda kita, khususnya di Wajo,” ucap Tilfa saat ditemui di kawasan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Wajo, Jumat (18/3/2022).

Ketua Yayasan Islamic Center ini menyampaikan bahwa dirinya tulus membantu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo. “Program Bapak Bupati (Amran Mahmud) ini sangat bagus. Beliau mengajak saya untuk membantu, jadi kami membantu beliau. Kita berharap dengan kehadiran taman baca ini nantinya akan ada hal baik yang diwariskan kepada generasi penerus,” ucapnya. (*)

  • Bagikan