Tradisi SDIT Ar-Rahmah, Sambut Ramadan dengan Tarhib

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – SDIT Ar-Rahmah menggelar kegiatan tahunan berupa Tarhib Ramadhan.

Kepala SDIT Ar-Rahmah, selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menyambut Ramadan dengan gembira.

“Kegiatan ini dilaksanakan juga untuk mengingatkan warga sekitar bahwa Ramadan hampir tiba,” jelas Jusria Kadir.

Tidak hanya lewat SDIT Ar-Rahmah, lewat akun medsosnya, terus mengingatkan murid-muridnya dan warga net agar bersemangat menyambut Ramadan.

“Sejak 20 Maret 2022, atau 13 hari menjelang Ramadan kita sudah menyampaikan di akun SDIT Ar-Rahmah sebagai bentuk hitungan mundur,” jelas Jusria.

“Tarhib Ramadan adalah perayaan menyambut bulan suci Ramadan, biasanya dalam bentuk pawai. Bentuk kegiatan yang dilakukan oleh murid-murid SDIT Ar-Rahmah, yakni mengunjungi rumah warga di sekitar Kompleks Perumahan Dosen (Perdos) Unhas Tamalanrea, di Jalan Bung dan di Kompleks Wesabbe. Mereka membacakan doa memasuki bulan Ramadan. Bila tidak ada orangnya di rumah, dititipkan kartu doa,” terangnya.

Tarhib Ramadan ini juga terlihat meriah karena diikuti oleh murid-murid dari kelas I-VI. Meski begitu, wilayah pawainya terbagi. Sehingga, tidak terlalu menumpuk. Untuk kelas I, II, III dan IV di Perdos Unhas, kelas V ke Kompleks Wesabbe, sedangkan kelas VI ke Jalan Bung.

Tiap kelas menampilkan kekhasan tersendiri. Misalnya, kelas I memakai topi unik dengan pesan-pesan menyambut Ramadan. Kelas II membuat pesan-pesan cinta Ramadan. Begitupun dengan kelas VI, yang membagikan kartu beserta permen dan snack.

“Semoga semuanya senang menyambut bulan Ramadan, yang merupakan bulan paling istimewa selama setahun,” harap Jusria Kadir pada murid-murid dan gurunya. (*)

 

  • Bagikan