Anggota Dewan Ini Percaya Masalah Klitih Bisa Selesai, Asalkan…

  • Bagikan

YOGYAKARTA, BACAPESAN.COM – Gandung Pardiman mengapresiasi langkah yang diambil Polda DIY bersama Pemda DIY dalam upaya pencegahan dan penindakan aksi kejahatan jalanan atau klitih.
Anggota DPR RI fraksi Golkar itu mengatakan langkah cepat memang harus diambil sesegera mungkin.

“Harus ada kerja sama dari sejumlah pihak untuk mengatasi masalah klitih yang belakangan ini meresahkan masyarakat,” kata Gandung dalam keterangannya pada Rabu (6/4).

Ia berpendapat bahwa Polda dan Pemda DIY yang melibatkan Jaga Warga di setiap kelurahan ini akan efektif dalam upaya pencegahan aksi kejahatan jalanan.

“Dilibatkannya Jaga Warga ini maka pergerakan remaja tersebut dapat terpantau hingga tingkat desa bahkan dusun,” imbuhnya.

Dengan begitu, lanjutnya, akan meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti aksi kejahatan jalanan.

“Jika semua Jaga Warga bergerak aktif menjalankan perannya sesuai Pergub DIY Nomor 28 Tahun 2021, saya yakin bisa meredam aksi kejahatan tersebut,” kata dia. Lebih lanjut, ia berharap dalam menjalankan perannya Jaga Warga bisa bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas di setiap desa.

“Jaga Warga bisa bekerja sama dengan tokoh masyarakat untuk melakukan pemantauan terhadap anak-anak muda yang terindikasi aktif di kelompok geng,” tambahnya. Lewat kerja sama itu, ia menilai juga bisa dilakukan pendekatan terhadap orang tua anak yang terindikasi ikut geng.

“Dari sinilah bisa dilakukan langkah pencegahan sejak dini,” sambungnya. Kemudian, selain pencegahan dan tindakan tegas, menurutnya perlu juga sebuah upaya pembinaan terhadap para pelaku kejahatan jalanan yang sudah tertangkap.

Dikatakannya bahwa pemberian pembinaan dan keterampilan juga penting bagi pelaku. “Sebab mereka masih muda dan masa depannya masih panjang sehingga masalah ini juga harus diperhatikan,” tegasnya. (jpnn/*)

  • Bagikan