Pelindo Prediksi Lonjakan Penumpang Kapal Hingga 10 Persen Selama Ramadan

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mencatat pertumbuhan penumpang sebesar 5 persen selama tiga bulan terakhir.

Pertumbuhan jumlah penumpang tersebut terjadi di 21 pelabuhan di Indonesia bagian timur. Angka tersebut terbilang besar terlebih karena dua tahun terakhir mengalami penurunan akibat Covid 19.

Regional Head 4 Pelindo Dwi Rahmad Toto memprediksi, di periode Idul Fitri 1443 H kali ini peningkatan jumlah penumpang akan lebih dari saat jni.

Apalagi kata Toto, selama dua tahun lamanya tidak ada aktivitas mudik Lebaran khususnya bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi kapal laut disebabkan lockdown akibat menyebarnya virus Corona.

“Tahun lalu arus penumpang pada H-15 sampai dengan H+15 total mencapai 270.410 orang. Jumlah itu terdiri dari penumpang embarkasi sebanyak 113.721 orang, debarkasi 102.304 orang dan penumpang lanjut sebanyak 54.385 orang,” ujar Toto dalam jumpa persnya, Jumat (8/4).

Lanjutnya, jumlah penumpang terbanyak di periode H-15 hingga H+15 Lebaran tahun lalu disumbang oleh penumpang yang naik, turun dan lanjut dari Pelabuhan Makassar, yakni sebanyak 33.101 orang.

Kemudian disusul penumpang naik, turun dan lanjut dari Pelabuhan Parepare sebanyak 30.583 orang, dari Pelabuhan Ternate sebanyak 29.783 orang, dari Pelabuhan Ambon sejumlah 27.373 orang dan dari Pelabuhan Kendari dengan jumlah 24.188 orang.

“Kami optimistis pada momen Lebaran tahun ini akan ada peningkatan di atas 5 persen hingga 10 persen untuk total penumpang dari semua pelabuhan yang ada di Regional 4. Kami berasumsi, pencabutan pemberlakukan pembatasan perjalanan dan pandemi yang lebih terkendali menjadi pemicu peningkatan tersebut,” tutur Regional Head 4.

Sejalan dengan itu, General Manager Pelindo Regional 4 Makassar Enriany Muis membeberkan beberapa pelabuhan yang biasanya mengalami lonjakan penumpang, “Biasanya terjadi di pelabuhan Makassar, Balikpapan dan Pare pare,” tutupnya. (*)

 

 

  • Bagikan