Daftar Makanan yang Bikin BAB Jadi Lancar dan Gak Sakit

  • Bagikan

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Seperti dibahas sebelumnya, sembelit atau konstipasi adalah salah satu masalah pencernaan yang sangat mengganggu.

Mereka yang mengalami sembelit pastinya bermasalah dengan aktifitas buang air besar mereka.

Hanya saja menurut ahli, jika dibarengi dengan kebiasaan hidup sehat, seperti memilih jenis makanan yang tepat, mereka yang sembelit dapat memangkas efek yang disebabkan kondisi ini.

Berikut ini apa yang harusnya Anda maka jika sembelit, seperti disarankan ahli, via Express:

Pisang

Menurut ahli, makan pisang tidak hanya memudahkan poop lebih cepat keluar, konsumsi pisang juga membantu mengembalikan elektrolit penting pada usus.

Ketela

Seperti halnya pisang, ketela dapat digunakan untuk mempermudah Anda mengeluarkan poop. Kandungan air dan seratnya membantu hidrasi dan mendorong poop lebih mudah keluar.

Konsumsi ketela sekaligus memangkas rasa sakit yang disebabkan sembelit berkat kandungan air, serat, magnesium dan vitamin B6 yang ditawarkannya. Hal ini berkat kandungan magnesium yang dimilikinya.

Plum

Plum termasuk dalam konsumsi buah yang dianjurkan atasi sembelit. 7 buah plum berukuran sedang adalah jumlah yang paling dianjurkan agar bekerja efektif.

Roti gandum

Jika harus memilih roti, pilih lah roti gandum utuh yang mengandung serat guna memperlancar buang air besar.

Bawang merah

Dari beberapa jenis bawang yang ada, bawang merah adalah yang dapat membantu Anda mengurangi dampak sembelit, dengan cara menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus.

Sembelit Kronis

Tahukah Anda jika mereka yang mengalami sembelit kronis, ternyata memiliki kondisi medis bernama dyssynergic defecation.

Menurut ahli, sebagaimana dilansir Healthline, pada mereka dengan sembelit kronis, ternyata tidak mampu merasakan sensasi yang dirasa orang, ketika mereka ingin buang air besar.

Hal inilah yang kemudian menurut ahli, menjadi alasan mengapa mereka yang demikian, mengalami kesulitan buang air besar.

Tidak hanya itu, mereka dengan kondisi di atas, juga dilaporkan kesulitan saat “membuang muatan”dan kerap mengandalkan obat pencahar untuk memudahkan mereka buang air besar.

Ahli juga bependapat jika sembelit kronis, sebenarnya dapat diatasi dengan menjalani terapi khusus noninvasif. (fin/*)

 

  • Bagikan