Menteri Sandiaga Uno Siap Hadir di Acara Milad ke 68 UMI

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Silaturrahmi Virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno bersama Jajaran Pimpinan Universitas Muslim Indonesia, hadir Rektor UMI, Prof.Dr. H Basri Modding dan para Wakil Rektor, Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Prof.Dr. Muhammad Jufri, MSi.,Psi.,Psikolog dan jajaran pejabat dalam lingkup Kemenparekraf, Kamis (21/4/2022).

Silaturrahmi yang berlangsung santai dan penuh keakraban langsung dipimpin Menteri Sandiaga. Setelah mengucapkan salam, menyapa peserta rapat dengan icon Sulsel, MARIKI ke Sulsel.

Rektor UMI, Prof. Dr. H. Basri Modding dalam pertemuan tersebut, mengawali dengan memperkenalkan profil singkat UMI sebagai Lembaga Pendidikan dan dakwah yang didirikan oleh para alim-ulama, para raja, tokoh masyarakat, dan pemda yang dikelola dengan pendekatan wakaf dengan tujuan melahirkan manusia yang berkarakter moral dan karakter kinerja, siap mendukung program pemerintah dan menjadi pionir dalam pengembangan ekonomi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Basri juga menyampaikan undangan ke Pak Menteri untuk berkenan menghadiri Acara Milad ke 68 UMI, tanggal 23 Juni 2022 sekaligus pembawa orasi ilmiah dan dilanjutkan kunjungan KKN Tematik UMI dengan program Desa Wisata di Kabupaten Bantaeng.

Ketua Panitia Milad ke 68 UMI, yang juga Wakil Rektor V Bidang Kerjasama dan Promosi UMI,Prof. Dr. Ir H. Muhammad Hatta menambahkan, selain undangan menghadiri Milad dan membawakan orasi ilmiah di UMI, Pak Menteri juga diagendakan mengunjungi pelaksanaan KKN Tematik Desa Wisata UMI kerjasama Pemerintah kebudayaan dan Pariwisata Sulsel dan Pemerintah Kabupaten Bantaeng, sebagai implementasi kerjasama UMI dengan kedua instansi pemerintah dengan desain program pengembangan desa wisata di Sulsel dengan harapan menjadi pemicu pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid 19 di Sulsel.

Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menyatakan kesediaan hadir pada peringatan Milad ke68 UMI di Makassar dan agenda kunjungan ke Bantaeng.

“Saya meminta pejabat di Kemenparekraf untuk mengatur jadwal dan persiapan kunjungan Saya ke UMI bulan Juni 2022 dan melakukan koordinasi dengan Pimpinan UMI,” ujarnya.

Sandiaga Uno mengapresiasi dan bangga atas perkembangan dan kemajuan UMI yang diurai oleh Rektor UMI dalam sambutannya, diantaranya capaian prestasi, UMI sebagai Perguruan Tinggi pertama dan satu-satunya di luar Pulau Jawa terakretadisi institusi Unggul. UMI, Perguruan Tinggi Swasta yang mendukung program pemerintah dan telah berkolaborasi dalam upaya membangkitkan ekonomi dan pengembangan desa wisata khususnya di Sulsel sebagai program unggulan kementrian, ujarnya .

“Salah satu program unggulan Kemenparekraf Tahun 2022 adalah program Desa Wisata Indonesia yang bertujuan mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif setelah pandemic covid 19. Karena itu UMI diharapkan menjadi bagian lokomitf penggerak sektor tersebut bersama pemerintah dan jaringan yang terkait,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata UMI, Prof.Dr. Muhammad Jufri dalam silaturrahmi tersebut melaporkan bahwa UMI merupakan Perguruan Tinggi pertama yang menjemput program KKN Tematik Desa Wisata.

“ UMI merupakan Perguruan Tinggi pertama pro aktif dan sangat responsive dalam menjemput program Desa Wisata melalui program KKN Tematik dan Program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Hal ini tidak terlepas dari UMI sebagai Perguruan Tinggi Unggul di Luar Pulau Jawa,” kata dia.

Lanjut dikatakan, pihaknya sangat berharap program ini menjadi kegiatan pertama yang akan diresmikan Pak Menteri di Kabupaten Bantaeng.

Selain itu, Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten Banteng juga mendesain pameran dan event phinisi run yang akan dikunjungi Menteri Sandiaga selama kunjungan di UMI dan di Kabupaten Bantaeng. (*)

  • Bagikan