Accor Hotels Tanam 1000 Bibit Mangrove di Bira

  • Bagikan

BULUKUMBA, BACAPESAN.COM – Accor Hotels Makassar yang terdiri dari 5 hotel yakni Novotel Makassar Grand Shayla, Mercure Makassar Nexa Pettarani, Ibis Makassar City Center, Ibis Styles Makassar Sam Ratulangi dan Ibis Budget Makassar Airport melakukan penanaman 1.000 bibit pohon mangrove.

Penanaman tersebut digelar di Ekowisata Mangrove Lantebung, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea.

Kegiatan ini sukses digelar berkat kerjasama dengan komunitas lokal yaitu masyarakat Desa Lantebung, Accor Hotels Makassar turun langsung menanam bibit pohon mangrove di pesisir pantai untuk memberi dampak yang baik bagi wisata bakau Lantebung dan masyarakat yang tinggal di sekitarnya.

“Ini adalah rangkaian acara yang kami lakukan untuk memperingati Hari PLANET 21 dan Hari Bumi Sedunia. Ini juga menunjukkan komitmen kami dalam menjalankan salah satu pilar atau fokus dalam program Planet 21 yang dimiliki oleh Accor yaitu Plant for The Planet untuk menjaga Bumi kita agar tetap menjadi rumah yang hijau, lestari dan nyaman untuk kita dan anak cucu kita tinggali” terang I Gede Pratama selaku perwakilan dari Accor Hotels Makassar.

Kelima hotel-hotel Accor yang ada di Kota Makassar konsisten berkontribusi dalam program Acting Here PLANET 21 melalui beragam tindakan nyata untuk menciptakan pengalaman positive hospitality bagi para tamu, “contohnya di Novotel Makassar Grand Shayla selain peduli terhadap alam, juga aktif menjalin kerjasama dengan komunitas lokal yang bergerak dibidang pendidikan untuk anak-anak negeri melalui berbagai kegiatan sosial,” sebutnya.

Komunitas tersebut antara lain Komunitas Lintas Pelosok Ilmu, Komunitas Investasi Langit, Komunitas Ruang Kebaikan, Makassar Cycling Club, Komunitas Jumat Berkah dan beberapa komunitas lainnya di Kota Makassar.

Di Mercure Makassar Nexa Pettarani memanfaatkan lahan-lahan kecil yang ada di sekeliling bangunan hotel yang dijadikan kebun hijau dengan menanam aneka buah-buahan dan sayur-sayuran seperti pisang, pepaya, serai, pandan wangi, kemangi, lengkuas dan lain lain yang dapat dipanen dan diolah menjadi hidangan yang higienis, segar dan lezat untuk dinikmati oleh para tamu dan karyawan.

Di Ibis Makassar City Center melakukan beberapa komitmen berkesinambungan sebagai upaya menciptakan sebuah lingkungan kecil yang sehat, sebagai contoh bagian daging yang tidak diolah dijadikan pakan ikan yang kemudian air dari kolam ikan dialirkan sebagai pupuk alami ke beberapa tanaman yang dimiliki. Seperti tanaman pisang yang kemudian dapat dipanen saat berbuah lalu disajikan segar kepada tiap tamu.

Di Ibis Styles Makassar Sam Ratulangi mengumpulkan sampah karton, botol plastik, jerigen bekas dan sabun bekas untuk dijual ke pengepul lokal. Sedangkan sampah basah atau sisa makanan diambil oleh pengepul lokal untuk diolah menjadi pakan ternak serta pupuk organik. Salain itu juga aktif dalam kegiatan rutin untuk kebersihan dan penghijauan yang dilakukan bersama masyarakat sekitar.

Sedangkan di Ibis Budget Makassar Airport menjalin kerjasama dengan mitra PT. Mall Sampah Indonesia untuk mengelola sampah kertas bekas, karton bekas dan botol plastik untuk dijual. Pihak manajemen juga aktif terlibat dalam komunitas Angkasa Pura Airport bersama semua associates dan tenants dalam aksi mendukung pengurangan sampah plastik di Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar.

Kelima hotel tersebut juga aktif berdonasi dari hasil penjualan dan pengolahan barang bekas yang ditujukan kepada Yayasan Peduli Tunas Bangsa melalui sanggar ATFAC (A Tree For A Child) yang ada di Bali dan Jakarta untuk memberikan dukungan pendidikan dan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak yang kurang mampu. Tak lupa aksi penghematan energi, seperti air dan listrik yang juga melibatkan seluruh tamu yang menginap agar menggunakan air seperlunya dan mematikan peralatan listrik yang sedang tidak digunakan.

Acting Here Planet 21 adalah program pembangunan berkelanjutan dari Accor yang memiliki 4 pilar strategis yaitu bekerja bersama seluruh karyawan, melibatkan para tamu, berinovasi bersama para mitra dan bertindak bersama masyarakat setempat. (*)

  • Bagikan