Sambut Hari Buruh, BPJamsostek Pinrang Berbagi Sembako Kepada Pekerja

  • Bagikan

PINRANG, BACAPESAN.COM – Pada hari Rabu, 27 April 2022 BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Pinrang bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pinrang menggelar Bakti Sosial penyaluran paket sembako dalam rangka menyambut Hari Buruh Internasional, kegiatan tersebut dipusatkan di dua titik yaitu di PT Biota Laut Ganggang dan PT Pinrang Pantai Indah.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pinrang Drs. Edia, M.Si beserta jajaran Bidang Hubungan Industrial dan Pengawas Ketenagakerjaan dan Keselamatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan Wilayah I Pare Pare, serta Gabungan Serikat Buruh Nusantara (GSBN) di PT BLG.

Adapun paket sembako yang dibagikan kepada para pekerja dalam kegiatan tersebut antara lain Beras 100 Kg, Gula Pasir 200 Kg, Tepung Terigu 100 Kg dan Minyak Goreng 200 Liter.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Pinrang, Soni C Wirawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman yang positif serta tambahan manfaat secara langsung diluar manfaat program kepada tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun lokasi kegiatan yang dipilih yaitu PT. Biota Laut Ganggang dan PT. Pinrang Pantai Indah sebagai bentuk apresiasi dari BPJS Ketenagakerjaan karena kedua Perusahaan tersebut telah melaksanakan seluruh ketentuan dan regulasi yang terkait dengan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan serta memiliki komitmen yang kuat dalam melaksanakan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dalam kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja kepada salah satu karyawan PT. BLG yang mengalami kecelakaan lalu lintas pada saat akan berangkat menuju ke tempat kerja (terjadi pada Bulan Juni 2021 dan sampai saat ini masih dilakukan perawatan dan pengobatan) senilai Rp99.269.917 dengan rincian biaya pengobatan dan perawatan senilai Rp69.616.207 dan Santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) senilai Rp 29.653.710.

Dalam kesempatan tersebut BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan Piagam Penghargaan kepada PT Pinrang Pantai Indah (PT. PPI) atas kontribusinya sebagai Pelopor Gerakan Nasional Peduli Pekerja Rentan (GN Lingkaran) di Kabupaten Pinrang, dimana manajemen PT. PPI telah memfasilitasi para pekerja informal (Nelayan, Tukang Batu, Petani, dan sebagainya) yang terdapat di wilayahnya untuk dapat terdaftar sebagai peserta program BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut, dan menyampaikan bahwa ini adalah bukti sinergitas yang terjadi antara Badan Usaha, Serikat pekerja, Pemerintah Daerah, serta BPJS Ketenagakerjaan, semoga kondusifitas lingkungan kerja ini dapat terus dijaga bersama sama.

Sementara itu,Ardiansyah HRD PT.BLG Pinrang menyampaikan banyak terima kasih dengan kegiatan yang diinisiasi oleh BPJS Ketenagakerjaan Pinrang,yang dihadiri langsung Kepala Dinas Ketenagakerjaan serta Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi.

Kegiatan pembagian sembako dan penyerahan santunan kecelakaan kerja kepada salah satu pekerja dilingkungan BLG yang mengalami musibah kecelakaan kerja beberapa bulan silam memberikan gambaran, wujud nyata dari perhatian dan kepedulian pemerintah dalam hal ini BP Jamsostek kepada pekerja kita buruh kita yang kebetulan mengalami musibah.

Ardiansyah juga menyampaikan bahwa BLG dalam kiprahnya memberi ruang dan kerja kepada warga dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan dan pada saat ini berada pada tahap akhir pembangunan tahap ke 2 dan selanjutnya jika memungkinkan di bulan Agustus akan berlanjut pembangunan tahap ke 3.

“Dengan pembangunan di BLG ini,tentu memberi dampak dan efek positif bagi saudara kita di sekitar BLG, khususnya Pinrang,lapangan pekerjaan pastinya terbuka,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan