Poltekpar Makassar Jalin Kerja Sama dengan Gubernur Kalimantan Utara

  • Bagikan
Politeknik Pariwisata Makassar menerima kunjungan Gubernur Kalimantan Utara, Drs. Zainal Arifin Paliwang beserta rombongan.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Politeknik Pariwisata Makassar menerima kunjungan Gubernur Kalimantan Utara, Drs. Zainal Arifin Paliwang beserta rombongan.

Kunjungan tersebut dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara yang dilaksanakan di Kampus Politeknik Pariwisata Makassar.

Hadirnya kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pariwisata dan kepariwisataan yakni tentang Pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata dan Kepariwisataan di Provinsi Kalimantan Utara, yang di Provinsi Kalimantan Utara.

Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan kerjasama tersebut sebagai bentuk pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.

“Kami meyakini pak gubernur tidak salah memilih Politeknik Pariwisata Makassar untuk dijadikan bagian dari pengembangan sumber daya manusia, baik untuk program reguler maupun tentu pengembangan-pengembangan sumber daya manusia di bidang Kepariwisataan lainnya,” ujar Arifin

“Hampir semua daerah yang berada di Sulawesi Selatan sudah menjalin Kerjasama dengan Poltekpar Makassar khususnya dalam Menyusun Rancangan Induk Pengembangan Kepariwisataan di daerahnya masing-masing” lanjutnya.

Arifin juga menyampaikan, sebagai bentuk pengabdian masyarakat, Poltekpar Makassar juga melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mendampingi desa wisata di beberapa daerah.

Selanjutnya Gubernur Kalimantan Utara, Bapak Drs. Zainal Arifin Paliwang dalam sambutannya menyampaikan pihaknya melihat Kalimantan Utara emiliki potensi pariwisata, dimana potensi alamnya dapat menjadi objek pariwisata yang cukup banyak yang ada di setiap Kabupaten Kota.

“Namun kalau SDM ini tidak ada yang mengelola, tidak dikelola oleh sumber daya manusia yang berkompetensi, yang punya kemampuan untuk menjadikan suatu tempat ini menjadi tempat wisata. Maka dari itu harus kita siapkan SDM yang mumpuni yang punya kompetensi dan punya kemampuan untuk mengelola tempat-tempat yang sudah disiapkan, yang diberikan oleh Allah subhana wa taala untuk kita kelola dengan baik,” jelasnya

“Tempat objek wisata yang ada di Kalimantan Utara begitu indah, begitu cantik yang belum pernah tersentuh tangan manusia. Kalau kita tidak siap SDM dari awal, ini tidak akan bisa dijadikan tempat wisata untuk menjadi unggulan suatu daerah” tambah Zainal

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Direktur Politeknik dengan Gubernur Kalimantan Utara. (*)

  • Bagikan