Toraja Carnaval 2022 Libatkan Generasi Milinial Toraja Demi Pulihkan Pariwisata

  • Bagikan

TANA TORAJA, BACAPESAN.COM – Dalam rangka pemulihan pariwisata Toraja ditengah pandemi covid-19 berbagai upaya dilakukan tidak hanya pemerintah tetapi sejumlah pihak.

Salah satunya event Toraja Carnaval (TC) tahun 2022 yang akan dilaksanakan selama beberapa hari yakni 19 -21 Mei yang akan dipusatkan di objek wisata Buntu Burake kabupaten Tans Toraja (Tator).

Ketua pantia TC 2022, Jhon Renden Mangontan atau yang akrab disapa JRM mengatakan, kegiatan sejumlah kaum milineal untuk berkreasi bersama untuk pemulihan perekonomian dan pariwisata Toraja terutama ditengah pandemi dimana berbagai sektor mengalami penurunan terutama bidang pariwisata.

Dikatakan JRM bahwa dalam even TC ini akan menampilkan sejumlah budaya Toraja bahkan beberapa diantaranya hampir punah sehingga perlu untuk diangkat kembali karena itu budaya tersebut merupakan warisan nenek moyang masyarakat Toraja, seperti ma’lambu’, malemba’ atau ma’passan tua’ lan suke, malemba’ pare, marengnge’ baka, Ma’bugi, Ma’barrung, drumben.

“Dalam event TC ini akan menghadirkan beberapa artis ibu kota seperti Glow Rossa, Dony Sibarani, dan Sharon Britney Graviella Padidi. Dan juga akan diisi dengan
lombaan tari kreasi anak-anak milineal, festival band se Sulawesi, peragaan fashion show, dan pameran UMKM yang akan diikuti sebanyak 31 pelaku UMKM,” ujarnya.

Lanjut JRM bahwa TC akan melibatkan sejumlah stakholder seperti satgas covid-19, TNI dan Polri. Bahkan akan menggunakan aplikasi peduli lingkungan.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini dapat kembali memulihkan perekonomian masyarakat serta dapat mengembalikan kondisi pariwisata di Toraja yang mengalami dampak pandemi covid-19. (*)

  • Bagikan