Pemkot Parepare Sukseskan Pencanangan BIAN Tahun 2022

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota Parepare menyukseskan pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 yang merupakan program kerja sama pemerintah Indonesia dengan UNICEF dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Selatan serentak dilakukan.

Di Kota Parepare, Kegiatan Pencanangan BIAN ini diikuti Asisten I Aminah Amin, Ketua Pokja IV PKK Parepare dr Renny Anggraeny Sari, Sekretaris PKK Wahyuni Chaliq, dan siswa peserta imunisasi, melalui daring di SD Negeri 28 Parepare.

Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Rahmawaty, mengatakan pelaksanaan kembali Bulan Imunisasi Anak Nasional ini dilakukan untuk memberikan imunisasi tambahan campak dan rubella pada anak usia 9 BLN SD 12 tahun.

“Ini untuk melengkapi imunisasi anak yang belum pernah mendapatkan imunisasi rutin yaitu Pentabio, OPV, dan IPV

Selain itu lanjut Rahmawaty, BIAN ini juga salah satu strategi pemerintah untuk mengejar ketertinggalan cakupan imunisasi yang turun di masa pandemi COVID-19.

“Sebanyak 31.509 sasaran yang
Ditetapkan oleh pusat melalui data estimasi dari Pusdatin dan ditindak lanjuti dengan verifikasi tingkat faskes berdasarkan wilayah kerjanya. Sehingga berpotensi terjadi ketidak sesuaian data sasaran dan hasiil verifikasi data dari faskes,”lanjutnya.

Rahmawaty menambahkan, untuk pelaksanaan BIAN tahap pertama ditargetkan rampung pada bulan Mei, sedangkan untuk Tahap Kedua akan berlangsung pada Agustus mendatang.

“Imunisasi ini dilaksanakan di 130 posyandu, 105 SD, 60 PAUD/Tak dan 8 Puskesmas,”sebutnya.

Sementara Kepala UPTD SD Negeri 28 Andi Nursiah menjelaskan, sebanyak 385 siswa ynag siap melakukan imunisasi tersebut.

“Semua siswa di sekolah kami siap untuk diimunisasi, dan terbukti sebanyak 385 orang yang akna melakukan imunisasi ini. Itu Di luar siswa yang berhalangan hadir dan sakit,”jelas Andi Nursiah.
(***)

  • Bagikan