Dokter Renny: Jika Anak Bergejala Hepatitis Akut, Segera Periksakan ke Rumah Sakit

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Penyakit Hepatitis Akut yang misterius atau belum diketahui penyebabnya, membuat Direktur Rumah sakit Umum Daerah Andi Makkasau Parepare, dr Renny, meminta masyarakat khususnya para orang tua untuk selalu waspada jika anaknya mengalami gejala.

Renny menyebutkan, jika selama ini penyakit Hepatitis hanya dikenal mulai Hepatitis A, B, C dan Hepatitis E. Namun penyakit misterius ini mengarah ke Hepatitis akut berat yang dapat menyerang bagi anak-anak.

“Jadi selama ini yang ada Hepatitis A, B, C, D sampai E. Namun ini bukan, tapi yang terkena Hepatitis ini, kalau terlambat ditangani bisa berdampak berat, untuk itu, masyarakat tidak perlu panik tapi harus tetap waspada,”Imbau dr Renny.

Hepatitis akut lanjutnya, memiliki gejala mirip dengan penyakit kuning, antara lain mual, muntah, kadang demam kemudian mata kuning, diare, kotoran agak pucat dan nafsu makan hilang.

“Nah untuk itu, jika memiliki salah satu gejala tersebut, tolong segera memeriksakan diri ke pusat-pusat pelayanan kesehatan,”tegasnya.

Sementara untuk kesiapan Rumah Sakit Andi Makkasau sendiri, telah menyiapkan tenaga-tenaga yang berkompeten untuk menangani penyakit tersebut, termasuk dokter spesialis anak.

“Karena biasanya penyakit ini menyerang anak-anak di bawah 16 tahun, kemudian beberapa penunjang Laboratorium juga kami siapkan dan obat-obat yang dibutuhkan. Kami menyiapkan ruang perawatan infeksi dengan kapasitas 16 tempat tidur,”terangnya.

Sampai saat ini, Parepare belum ada kasus, namun di Sulawesi sudah ada satu kasus yang suspek tapi belum terkonfirmasi.
(***)

  • Bagikan