Cegah Praktik Calo, Dukcapil Makassar Fungsikan Layanan Akhir Pekan Sabtu-Minggu

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Makassar, terus berupaya mempermudah layanan administrasi kependudukan (adminduk) bagi warga setempat di kota daeng.

Melalui program Weekend Service (pelayanan akhir pekan), Sabtu – Minggu. Dilaksankan Dukcapil Makassar, diharapkan mencegah percaloan.

“Maka hadirnya pelayanan publik Weekend Service bagian dari upaya memutus mata rantai praktik percaloan pembuatan adminduk,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Makassar, Muh Hatim, Minggu (22/5/2022), saat memantau pelayanan perdana di kantor tersebut.

Lanjut dia, giat yang dilakukan salah satu cara mempermudah layanan tersebut adalah dengan menggratiskan layanan pengurusan untuk segala jenis dokumen adminduk sesui anjuran pusat.

Suasana pelayanan dihari Sabtu dan Minggu, penambahan hari pelayanan dari semula 5 hari menjadi 7 hari kerja pelayanan plus. Kebijakan ini di ambil oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muh Hatim karena keinginan agar kebutuhan dasar masyarakat dapat terpenuhi.

“Gambaran bahwa pakai jasa calo juga mungkin bagian dari selama ini praktek dilapangan, tentu bisa kita simpulkan seperti itu,” tuturnya.

Sehingga lanjut Hatim, korelasinya bahwa lewat pelayanan akhir pekan Sabtu-Mibggu masyarakat lebih memiliki waktu tambahan untuk mengurus dokumen kependudukan.

Sehingga bagi mereka yang mereka yang memang berhalangan untuk datang pengurus kependudukannya dan menggunakan jasa calo, akan berpikir lagi ketika waktu satu Sabtu-Minggu tersedia bagi mereka pekerja.

“Sehingga mereka memiliki waktu untuk mengurus di hari-hari luangnya yaitu di hari Sabtu atau Minggu pagi. Kita lihat antusias masyarakat banyak urus saat libur,” terangnya.

“Saya cek di teman-teman operator, Alhamdulillah hasilnya cukup tinggi baik offline maupun online,” sambung Hatim. (*)

  • Bagikan