Peluang Baru  bagi  Pengusaha Makassar  bergerak di Bidang Kimia Konstruksi

  • Bagikan
Hasil akhir riset yang siap dikomersialisasi

BACAPESAN.COM–Di Era Sekarang pembangunan di bidang konstruksi di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari maraknya pekerjaan konstruksi seperti gedung bertingkat, pabrik, pekerjaan infrastruktur jalan dan jembatan. Di dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi tersebut diperlukan teknologi, metode kerja dan material. Material bangunan sebagai salah satu komponen yang sangat penting agar pekerjaan konstruksi yang dihasilkan berkualitas baik.

Menurut Dr. Ir. Jonbi, MT, MM, MSi selaku owner CV John hi-tech Contrindo, sejak 10 tahun terakhir untuk pekerjaan konstruksi terkait dengan pekerjaan beton telah menggunakan material maju yang dikenal dengan kimia konstruksi seperti admixture, waterproofing, ground, hardener dan sebagainya. Penggunaan material tersebut terbukti sangat membantu mutu bangunan gedung dan infrastruktur yang menjadi lebih berkualitas.

Namun sayangnya,  produsen material kimia konstruksi tersebut masih dikuasai oleh pihak asing. Beberapa perusahaan asing yang menguasai pasar material kimia konstruksi di Indonesia diantaranya adalah PT Sika Indonesia, PT Fosroc Indonesia dan PT BASF. Ketika perusahaan tersebut menguasai pangsa pasar material kimia konstruksi di Indonesia sehingga Indonesia terkesan hanya sebagai pasar saja. Karena masih sedikitnya produsen lokal produk material kimia konstruksi. Sehingga Indonesia masih tergantung dari pihak luar untuk pengadaan material dan penetapan harga produk material kimia konstruksi. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap penyelesaian proyek-proyek yang ada di Indonesia.

  • Bagikan

Exit mobile version