3 Tahun, USAID Bakal Bantu Tangani Sampah Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) meluncurkan program
Clean Cities Blue Ocean di Hotel Four Point Makassar, Selasa (31/5/2022).

Bekerja sama dengan Bappenas dan Pemerintah Kota Makassar, peluncuran program yang bertajuk ‘Menuju Pengelolaan Sampah Berkelanjutan’ ini ditandai dengan penandatangan MoU.

Ryan Weddle dari Kantor Lingkungan Hidup USAID menjelaskan, pihaknya sangat senang bekerja sama terutama dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia.

Menurut dia, saat ini Indonesia menghadapi tantangan berat sampah plastik dimana laju penduduk semakin besar sementara infrastruktur belum mengimbangi, “Akibatnya sampah banyak yang di buang ke sungai dan berujung hingga ke laut,” ujarnya

“Kegiatan ini mempromosikan perilaku sosial dan pola hidup masyarakat. program ini memperkuat daur ulang, serta menerapkan program 3 M. Kami adalah lembaga pembangunan utama Amerika Serikat yang bermitra dengan negara berkembang untuk menangani permasalahan lingkungan. Salah satunya pengelolaan sampah plastik,” jelasnya.

Sementara itu Dirut Bappenas, Tri Dewi Virgiyanti mengungkapkan pentingnya program ini untuk memperbaiki sistem persampahan di Makassar.

“Pengelolaan sampah saat inj di targetkan 80 persen, sementara capaian kita baru baru 0,8 persen untuk pengurangan dari target 20 persen. sedangkan penanganan hanya 45 persen dari target 100 persen. Ini perlu terus kita tingkatkan, apalagi saat ini 1000 kubik lebih sampah di Makassar setiap harinya,”jelasnya. (*)

  • Bagikan