Hobi Touring, Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Bagi pecinta bikers, touring adalah sebuah keharusan sebagai pelengkap hobi.

Untuk memperlancar aktivitas menjelajahi ribuan kilometer tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama jika menggunakan sepeda motor XSR 155 dari Yamaha.

Ketua XSR Brotherhood Indonesia (XBI) chapter Makassar, Hasril Hamun yang memilih XSR 155 warna hitam sebagai partner berkendaranya membagikan bocoran agar tetap aman dalam melakukan touring.

  1. Melakukan Persiapan

Hal pertama yang harus di lakukan adalah melakukan Persiapan Touring.
Lakukan pengecekan komponen motor terkait ban, oli, lampu, kelistrikan dan lainnya. Juga disarankan service motor terlebih dahulu di bengkel resmi sehingga motor dalam kondisi bagus untuk perjalanan touring.

“Selain melakukan persiapan kendaraan, hal yang harus di perhatikan adalah menjaga fisik agar tetap prima, jangan begadang sebelum touring. Lakukan olahraga ringan dan pemanasan sebelum touring supaya membantu pelemasan otot-otot tubuh dan membuat tubuh tetap bugar,” ujar Hasril.

Selanjutnya, penting menyiapkan safety riding yang lengkap seperti helm, sarung tangan, jaket, sepatu dan lainnya untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara.

“Tentukan juga titik kumpul, kenali rute perjalanan yang aman dan biasa dilewati oleh pengendara lainnya, ketahui informasi mengenai kondisi terakhir jalan.Membawa surat-surat kelengkapan berkendara, uang dan alat komunikasi juga sangat penting,” sebut Hasril.

  1. Berhati-hati dalam Perjalanan

Saat melakukan touring, harus pula menjaga jarak aman, jangan saling mendahului dengan teman yang bersama dalam perjalanan touring, hindari melakukan tindakan yang mendadak seperti mengerem, berbelok, berhenti agar tidak tertabrak oleh pengendara di belakang atau pengendara lainnya.

“Selain itu lakukan akselerasi atau pengereman secara halus, jaga konsentrasi dan kontrol emosi. Upayakan istirahat jika sudah berkendara 2 sampai 3 jam,” ucap Hasril

3.Mendapatkan performa motor maksimal

Dengan menggunakan XSR 155, pengendara akan mendapatkan performa motor yang maksimal karena motor ini memiliki mesin berkapasitas 155cc dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) sehingga tenaga merata di setiap putaran mesin. Biker pun akan merasakan sensasi berkendara yang nikmat ketika melakukan perjalanan jarak jauh yang membutuhkan motor bertenaga optimal.

4.Kenyamanan dengan suspensi USD dan Assist & Slipper Clutch

Jauhnya jarak perjalanan yang ditempuh membuat pengendara mudah lelah sehingga dibutuhkan motor yang dapat memberikan kenyamanan dalam berkendara. Namun berkendara dengan XSR 155 dapat memberikan kenyamanan karena ditunjang fitur-fitur modern yang disematkan pada motor ini. Diantaranya telah dilengkapi suspensi USD (Up Side Down) yang meningkatkkan handling saat berkendara. Lalu manfaatkan keberadaan fitur Assist & Slipper clutch yang fungsinya mendukung dalam berkendara termasuk touring.

“Contohnya saja tangan tidak mudah pegal karena pengoperasian kopling yang ringan didukung keberadaan Assist clutch. Lalu dengan Slipper clutch mengurangi resiko engine brake ketika menurunkan gigi dengan cepat, sehingga pengendara XSR 155 dapat makin menikmati perjalanan touring,” jelas Hasril

5.Mulus melewati jalan tidak rata dengan ban dual purpose

Keunggulan lainnya dari XSR 155 adalah memiliki ban dual purpose yang sangat membantu saat melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang yang banyak ditemui ketika dalam perjalanan touring.

“Bagi pengguna XSR 155 tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan ban dual purpose mendukung untuk melewati kondisi jalan yang tidak bagus sehingga melancarkan perjalanan,” ucapnya

6.Desain berkelas untuk dokumentasi foto dan video

Model berkelas XSR 155 membuat pengguna motor ini makin percaya diri saat berkendara dan juga untuk dokumentasi foto dan video di tempat wisata lebih menarik. Dengan background spot menarik di lokasi, akan menambah nilai artistik foto maupun video yang didokumentasikan.

“Adapun tampilan klasik modern pada XSR 155 diwujudkan melalui beberapa sentuhan di berbagai sektor. Mulai dari model tangki Drip-Shaped, penggunaan jok single seat dengan desain klasik yang stylish, lalu desain lampu depan dan belakang yang berbentuk bulat dengan teknologi LED modern, hingga keberadaan Full LCD Digital Speedometer bergaya retro yang telah dilengkapi dengan Multi Information Display,” tutupnya. (*)

  • Bagikan