Fakultas Kedokteran Unhas Jalani Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Sebanyak empat program studi pada Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menjalani proses visitasi daring dalam rangka asesmen akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik).

Kegiatan visitasi akreditasi internasional ASIIN yang berbasis di Jerman dilaksanakan melalui daring (online), 31 Mei hingga 2 Juni 2022.

Adapun empat prodi yang menjalani proses visitasi yakni Pendidikan dan Profesi Dokter, Prodi Spesialis Penyakit Dalam, Prodi Spesialis Gizi Klinis dan Prodi Spesialis Penyakit Mata.

Pembukaan berlangsung mulai pukul 15.00 Wita secara luring terbatas dengan penerapan protokol Covid-19 di Ruang Senat Akademik Unhas, Lantai 2 Gedung Rektorat, Kampus Tamalanrea, Makassar dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Selasa (31/05).

Turut hadir Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, bersama para Wakil Rektor, Anggota MWA, Senat Akademik, Dewan Profesor, Direktur, para Dekan dan Kepala Biro di lingkup Unhas.

Rektor Unhas yang akrab disapa Prof JJ ini menyampaikan kebanggaannya atas terlaksananya proses asesmen akreditasi internasional yang kembali dilakukan di Universitas Hasanuddin. Prof JJ menuturkan proses ini merupakan kesempatan baik bagi Unhas untuk menunjukkan kualitas dan potensi dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi.

Lebih lanjut, Prof. JJ juga memberikan gambaran tentang kondisi Unhas saat ini dalam berbagai aspek seperti pengembangan prodi dan sumber daya manusia, serta upaya Unhas terus meningkatkan kualitas pada berbagai bidang. Kehadiran Unhas diharapkan bukan hanya bermanfaat atau berdampak secara nasional, namun juga internasional.

“Akreditasi diperlukan sebagai standar untuk menjamin mutu setiap program studi. Dengan meningkatkan status akreditasi internasional yang dimiliki Unhas menjadi upaya dan komitmen kita menuju World Class University. Ini juga menjadi jalan mempromosikan dan memperkenalkan Unhas ditingkat global dan membangun mitra kolaboratif,” jelas Prof. JJ.

Sementara menurut Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof Dr dr Haerani Rasyid, M.Kes, Sp.PD KGH, Sp.GK mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Fakultas Kedokteran Unhas untuk mendapatkan pengakuan internasional sehingga mutu dari Fakultas Kedokteran Unhas dapat bersaing di kancah internasional.

Untuk para assesor ASIIN yang terlibat dalam proses visitasi beranggotakan lima orang, yaitu: Prof. Dr. Alice Assinger (Medical University Wein), Prof. Nancy Margarita Rehatta (Universitas Airlangga), Anika Biel, M.D (Physician for Urology), Yudhistira Pradnyan Kloping, M.D,(Universitas Airlangga), dan Rainer Arnold Dipl. Phys. (ASIIN Office). Secara umum, para asesor memberikan pertanyaan terkait proses pembelajaran, sarana dan prasarana pembelajaran, serta capaian Unhas dalam berbagai hal. (*)

  • Bagikan