Lampung Selatan ke Kota Parepare Belajar Program Kota Sehat

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPEASAN.COM – Keberhasilan Kota Parepare meraih penghargaan Kota Sehat kategori tertinggi nasional, Swasti Saba Wistara empat kali berturut-turut menjadi magnet nasional.

Buktinya, beberapa daerah tidak hanya di Sulawesi Selatan, tapi juga luar Sulawesi Selatan datang berkunjung belajar tentang Kota Sehat di Parepare.

Kali ini, Kabupaten Lampung Selatan ke Parepare melakukan studi mempelajari tentang kiat dan trik Parepare dalam penyelenggaraan program Kota Sehat.

Tim Pembina Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat Lampung Selatan secara resmi diterima oleh Asisten I Setdako Parepare, Amina Amin mewakili Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, di Ruang Data Kantor Wali Kota Parepare, Rabu (6/7/2022)

Ketua Tim Pembina Kota Sehat Parepare, Samsuddin Taha, Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Rahmawaty Natsier, jajaran Kepala OPD, Ketua Forum Kota Sehat Parepare, H Minhajuddin Ahmad, jajaran Tim Pembina Kota Sehat Parepare, dan para stakeholder Kota Sehat juga hadir.

Tenaga Fungsional Bidang Kesehatan dan Olahraga Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Rahman, mengatakan kunjungan Tim Kabupaten Kota Sehat Lampung Selatan ke Parepare dalam rangka belajar tentang Kota Sehat.

Nilai plus Parepare, kata dia, karena sudah empat kali mendapatkan penghargaan Kota Sehat tertinggi di tingkat nasional.

“Inilah yang akan kita pelajari di Parepare, apalagi kalau dilihat topografi Parepare hampir sama dengan Lampung Selatan, karena letaknya di pinggir pantai. Apa yang kami pelajari di Parepare akan coba kami terapkan dan kembangkan di Lampung Selatan menuju Kabupaten Kota Sehat tingkat nasional,” bebernya

Kunjungan sehari di Parepare akan dimanfaatkan rombongan Lampung Selatan melihat dari dekat dan mempelajari tujuh tatanan Kota Sehat di Parepare.

Diantaranya mengunjungi, Call Centre 112 Terintegrasi Parepare yang merupakan Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri.

Kemudian Sekretariat CallNak Centre (Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi), inovasi JetStar dan Bank Sampah Peduli di Kecamatan Ujung (Tatanan Pemukiman dan Sarana Prasarana Umum Sehat), Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun (Tatanan Tertib Lalu Lintas dan Perhubungan/Pariwisata Sehat), Puspaga PeduliTa/Pusat Oleh-oleh Parepare (Tatanan Kehidupan Sosial Sehat/Perindustrian dan Perkantoran Sehat).

Kunjungan terakhir yaitu di Sekretariat Forum Kota Sehat Parepare, yang merupakan indikator umum.
(***)

  • Bagikan