Pemasangan Lampu Stadion Gelora BJ Habibie Berstandar LIB Ditargetkan Rampung Hari Ini

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Pemasangan lampu baru Stadion Gelora Bj Habibie (GBH) Kota Parepare ditargetkan rampung hari ini, Senin (18/7/2022) siang.

Secara keseluruhan, stadion berkapasitas 20 ribu penonton itu mempunyai empat tower dan 128 buah lampu yang terpasang.

Stadion kebanggaan Kota Parepare ini akan menjadi markas PSM Makassar dalam menjalani Liga 1 musim 2022-2023.

Kepala UPTD Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas PUPR Parepare, Burhanuddin mengatakan pencahayaan stadion sesuai standar PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Dengan adanya lampu baru ini, pencahayaan stadion sudah cukup, sesuai standar PT LIB,” katanya saat ditemui di Stadion GBH.

Lampu bermerek Philips HPIT 2000 watt, warna putih datang dari Jakarta. Lampu ini, secara keseluruhan berkekuatan 2.000 watt. Ada empat tower, masing-masing diisi 32 titik lampu.

Selain lampu baru, ada juga komponen lain yang dipesan yakni, trafo, ignitor, dan kapasitor. “Hari ini kita rampungkan pemasangan lampu, sementara kabel dalam proses pembongkaran di pelabuhan. Besok trafo, ignitor, dan kapasitor datang langsung kita eksekusi,” jelas Kepala PJU itu.

Dia membeberkan, dua hari lagi akan menguji coba pencahayaan stadion. “Jadi ini ada tim dari Philips akan datang besok sehingga tanggal 20 Juli 2022 kita upayakan lampu sudah bisa di tes sekaligus kita uji coba pencahayaan langsung,” bebernya.

Burhanuddin berupaya agar pengerjaan selesai sesuai rencana. Selain lampu, kabel bawah tanah juga mulai dikerjakan.

“Saat ini pengerjaan kabel bawah tanah juga sudah mulai dikerjakan. Kita bagi beberapa tim ada yang kerja lampu dan kabel,” imbuhnya.

Kepala PJU itu optimistis, pencahayaan stadion sesuai standar PT LIB yaitu 1.200 lux. Apabila masih kurang, kata Burhanuddin, di tower masih tersisa ruang untuk penambahan lampu sebanyak empat titir tiap tower.

“Kalau dari hitung-hitungan dengan tim Philips yang ada sekarang sudah sesuai standar PT LIB. Kalaupun masih mau ditambah kita masih punya ruang 16 titik lampu,” ungkapnya.

Burhanuddin berupaya, pencahayaan stadion kebanggaan masyarakat Parepare siap menjalankan pertandingan Liga 1.

“Maksimal tanggal 21 Juli 2022, pencahayaan stadion sudah ready semua. PSM lawan Bali bisa diselenggarakan di Kota Parepare,” tandasnya.
(***)

  • Bagikan