Bikin Bangga, Rara Pelajar Asal Pangkep Pantang Menyerah Kejar Beasiswa Kuliah ke Rusia

  • Bagikan
A Naurah Shafa Kamila bersama wakil bupati Pangkep, Syahban Sammana

PANGKEP, BACAPESAN.COM – Kuliah di luar negeri menjadi dambaan banyak orang. Terlebih jika itu ditempuh lewat pembiayaan gratis atau beasiswa. Adalah A Naurah Shafa Kamila, pelajar asal kabupaten Pangkep yang bisa mewujudkan impiannya tersebut.

Rara sapaan akrabnya adalah satu dari ribuan pelajar yang beruntung mendapatkan beasiswa kuliah dari Russian Government Scholarship atau Kementrian Pendidikan Rusia. Lewat beasiswa ini, Rara akan melanjutkan studinya di Negara berjuluk ‘Beruang Merah’ tersebut.

“Alhamdulillah saya dapat beasiswa kuliah di Rusia. Saya ambil (jurusan) ilmu politik,” beber Rara yang dihubungi, Selasa (29/07).

Perjuangan dara kelahiran Makassar 4 Agustus 2003 silam tersebut, untuk meraih beasiswa ke Rusia sendiri tidak semulus yang dibayangkan, Rara yang dari kecil bersekolah di kabupaten Pangkep harus dua kali mengikuti seleksi, hingga akhirnya dinyatakan lulus tahun ini.

“Pertama kali mendaftar tahun 2020 untuk penerimaan 2021 saya tidak lulus, namun karena dukungan penuh orang tua, saya mencoba peruntungan tahun ini dan Alhamdulillah bisa lulus,” terang pelajar yang merupakan alumni SMP Negeri 1 Pangkep ini.

Bersaing dengan 8000-an pelamar beasiswa, bukan penghalang bagi dirinya, sejumlah persiapan dilakukan termasuk menambah pengetahuan seputar negara pecahan uni Soviet tersebut.

“Waktu pengumuman bulan Maret lalu, saya dinyatakan sebagai salah satu dari 261 (terbagi atas S3, S2 dan S1) orang penerima beasiswa, senang rasanya,” ungkap remaja yang fasih berbahasa Inggris dan Rusia tersebut.

Sebenarnya Rara sendiri Banyak mendaftar di Berbagai Macam program Beasiswa Luar negeri sebut saja Azerbaijan, Turki, Korea, hingga Amerika, namun dari sekian banyak, Rusia menjadi pilihan terbaiknya.

“Saya juga mendapatkan panggilan wawancara offline di Jakarta untuk program beasiswa ke Turki tetapi karna berbagai pertimbangan dan masukan, saya memilih Rusia,” tambah putri dari Hj. A Quratul Uyun Sjahrir Amir ini.

Saat ini A. Naurah Shafa Kamila juga terdaftar sebagai mahasiswi jurusan Ilmu Politik di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Menjalani satu semester penuh dengan meraih IPK 3,89.

Rara berharap ilmu yang nantinya didapatkan di Rusia bisa bermanfaat untuk Bangsa dan negara.

“Terima kasih juga kepada pihak yang ikut mendukung saya, bapak Syamsul Bachri Anggota MPR RI, wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana dan Kepala Dinas Pendidikan Pangkep Sabrun Djamil,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan