HMPS Statistika Buka Kegiatan Aksi Nyata Ilmiah ke V

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – HMPS Statistika FMIPA UNM menggelar pembukaan Aksi Nyata Ilmiah Mahasiswa V (ANALISIS V) pada hari Jumat, 22 Juli 2022 di Gedung FF 104-105 FMIPA UNM.

Kegiatan dibuka langsung oleh Drs. H. Sukri Nyompa, S.H., M.Si., Ph.d. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UNM. Kegiatan ANALISIS V mengusung tema “Aktualisasi Jiwa Kemanusiaan Mahasiswa Statistika melalui Pengabdian demi Terwujudnya Masyarakat yang Sejahtera ”.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 24-30 Juli 2022 mendatang, tepatnya di Dusun Pattiro, Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

ANALISIS V merupakan program kerja HMPS Statistika FMIPA UNM Tahun 2022 yang dilatarbelakangi karena kurangnya kepedulian dari berbagai kalangan mengenai kondisi pendidikan dan perekonomian di lingkungan masyarakat.

Serta perlunya pengoptimalan potensi mahasiswa dalam mengimplementasikan salah satu tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

ANALISIS V merupakan kegiatan sosial yang dilaksanakan dalam bidang pendidikan, perekonomian dan/atau kesehatan dengan tujuan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, mengaplikasikan ilmu statistika, meringankan beban masyarakat yang membutuhkan, serta menjalin silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat.

Ketua panitia, Ferigo Taufani Tri Hakiki menyampaikan item-item kegiatan yang akan dihadirkan dalam kegiatan ini.

“Item kegiatan yang dihadirkan pada ANALISIS V yaitu sensus, bank data dan infografis, seminar dan workshop, kelompok belajar, ruang seni, baca tulis Al-Qur’an, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), taman pariwisata, gotong royong, analisis berbagi, perlombaan, serta ramah tamah dan penutupan”. kata dia.

Kegiatan sensus, telah dilaksanakan pada awal kegiatan, tepatnya tanggal 25 Juni hingga 30 Juni 2022. Sebanyak 156 Kartu Keluarga (KK) dari 3 RT, RT 1 sebanyak 87 KK, RT 2 sebanyak 65 KK, dan RT 3 sebanyak 4 KK. Nantinya hasil sensus ini akan digunakan sebagai indikator untuk melihat warga yang kurang dari kondisi ekonomi, hingga ditetapkan sebagai penerima sembako pada item analisis berbagi.

Ketua umum HMPS Statistika FMIPA UNM, Anugrah Bayu Pratama berharap agar kegiatan ini dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan dan semoga panitia senantiasa menjaga nama baik almamater, himpunan, program studi, fakultas, dan nama baik pribadi”.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UNM, Drs. H. Sukri Nyompa, S.H.,M.Si.,Ph.d. juga menyampaikan harapan semoga kepengurusan dan kepanitiaan dapat menjalankan kegiatan ini dengan baik.

“Semoga kalian bisa memberikan kesan yang baik dimata masyarakat sehingga nantinya jika kalian sudah tidak ada di sana ada kesan baik yang tertinggal dan diingat oleh warga di sana, dan ketika kalian kembali ada air mata kehilangan yang jatuh karena kepergian kalian”, ungkapnya.

Lebih lanjut, beliau juga berharap agar kegiatan ANALISIS V ini dapat betul-betul terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat. (*)

  • Bagikan