Pembelajaran Daring Antarkan Dosen PGSD UIM Raih Doktor di UIN Alauddin Makassar

  • Bagikan
Pembelajaran Daring Antarkan Dosen PGSD UIM Raih Doktor di UIN Alauddin Makassar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Implementasi pembelajaran daring pada sekolah dasar di kota Makasar dalam perpektif islam mengantar Wahyullah Alannasir Dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar memeroleh gelar doktor. di Aula Madani PPG. Kompleks Pesantren Madani Kampus 3 UIN Alauddin Makassar.Senin, 25 Juli 2022.

Wahyullah berhasil memertahankan judul disertasinya dihadapan 9 penguji.

Dalam risetnya, promopendes menyatakan perencanaan pembelajaran pada sekolah yang diteliti diperoleh hasil meliputi: persiapan dilakukan dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), mendokumentasikan materi dalam bentuk gambar (foto), persiapan diri terhadap teknologi, menyesuaikan perangkat pembelajaran dengan kondisi lingkungan, menyiapkan siswa beradaptasi dengan pembelajaran daring, memberikan pelatihan khusus kepada siswa dalam mengoperasikan aplikasi belajar, dan persiapan pembelajaran dengan mengecek ketersediaan jaringan. Pelaksanaan pembelajaran daring pada sekolah yang diteliti menggunakan pertemuan tatap muka virtual dengan aplikasi microsoft 365 TEAMS dan whatsapp group.

Lanjut Wahyullah, bahwa dalam proses pembelajaran penilaian proses belajar pada peserta didik dalam pembelajaran daring meliputi aspek keterlaksanaan pembelajaran peserta didik, motivasi belajar peserta didik, keaktifan para peserta didik dalam kegiatan belajar.

“Pada SDN KIP Maccini aspek keaktifan para peserta didik dalam kegiatan belajar tidak terlihat dikarenakan hanya menggunakan percakapan melalui wahtsapp grup, sedangkan penilaian proses belajar pada peserta didik di SDN Percontohan PAM terlihat pada semua aspek karena melalui tatap muka virtual,” jelasnya.

Penilaian hasil belajar yang dilakukan pada sekolah yang diteliti saat penelitian berlangsung masih pada tahap penugasan harian dan penugasan berupa proyek. 3) Interaksi yang terjadi pada sekolah yang diteliti baik interaksi antar peserta didik, antara guru dan peserta didik, antara guru dan orangtua, antara peserta didik dan orangtua menunjukkan interaksi satu arah dan dua arah (timbal balik).

Di hadapan penguji, Wahyullah menyampaikan bahawa novelti atau keterbaharuan dari riset ini adalah berupa pemaparan tentang proses penerapan pembelajaran daring pada suatu kondisi yang berbeda dan dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan interaksi pembelajarannya.

“Riset ini merupakan salah satu bentuk responsif dan kepedulian sebagai peneliti atas bencana covid 19 yang menimpa semua aspek khususnya aspek pendidikan. Temuan ini diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dalam rumpun bidang ilmu pendidikan dan keguruan khususnya sebagai bekal adaptasi teknologi menyonsong generasi emas Indonesia,” tambah Wahyullah.

Prof. Dr. H.M. Natsir Mahmud, M.A selaku promotor menyatakan salut dan bangga kepada Dr. Wahyullah Alannasir karena topik disertasi ini telah dipresentasikan dengan baik dan beliau berharap agar riset ini di manfaatkan untuk perbaikan mutu dan kualitas pendidikan khususnya di Kota Makassar serta terus dikembangkan dimasa yang akan datang

Sementara, Dekan FKIP UIM Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D sebagai dekan FKIP UIM yang turut hadir dalam promosi tersebut menyatakan bahagia dan bangga atas capaian yang telah diperoleh bapak Dr. Wahyullah Alannasir, M.Pd sebagai salah satu dosen FKIP meraih gelar tertinggi pendidikan atau maha terpelajar yang ditempuh hanya dalam waktu 2 tahun 7 bulan dan berhasil meraih gelar doktor di usia 32 tahun

“Saat ini kurang lebih ada 20 orang dosen FKIP UIM yang sementara lanjut studi strata tiga (S.3) di beberapa kampus terkemuka di Indonesia Khususnya di kota Makassar dan Insya Allah dalam waktu dekat menyusul beberapa orang akan segera menyelesaikan studi” jelas Alumni negeri Jiran ini.

Sidang Promosi Doktor tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Makassar bapak Prof. Dr. H.M. Ghalib. M, M.A yang didampingi oleh Promotor yakni Prof. Dr. H.M. Natsir Mahmud, M.A selaku promotor, Dr. Hj. St. Syamsudduha, M.Pd selaku kopromotor, Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum., M.A selaku penguji I, Dr. H. A. Marjuni, M.Pd.I selaku penguji II, Dr. KH. Afifuddin Harzah, Lc., M.A selaku penguji III, dan Dr. Sarifa Suhra, M.A selaku penguji eksternal.

Turut hadir dalam acara ujian promosi Staf Ahli Rektor UIM bapak Dr. Mulyadi, M.Pd, Dekan FKIP UIM bapak Badruddin Kaddas, M.Ag., Ph.D, bapak Wakil Dekan I FKIP UIM bapak Supriadi, S.Pd., M.Pd, Wakil Dekan II FKIP UIM Ibu Sri Hastati, S.E., M.Pd, Wakil Dekan III FKIP UIM bapak Ince Prabu Setiawan Bakar, S.Pd., M.Pd, Ketua Prodi PGSD Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Ibu Jusmaniar. N, S.Pd., M.Pd, Ketua Prodi PG-PAUD bapak Nasaruddin R, S.Pd., M.Pd, Ketua Prodi Pendidikan BAhasa dan Sastra Indonesia Ibu Erniati, S.Pd., M.Pd, Ketua Gugus Jaminan Mutu FKIP UIM Ibu Riskal Fitri, S.Pd., M.Pd, beserta para dosen, staf, dan mahasiswa lingkup FKIP UIM. (*)

  • Bagikan