Pemkot Makassar Rancang Konsep Multiyears Empat Proyek Strategis

  • Bagikan
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menegaskan pembangunan empat proyek strategis akan menggunakan konsep multiyears.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menegaskan pembangunan empat proyek strategis akan menggunakan konsep multiyears.

Keempatnya, Makassar Corp City Arena (Macca), Sekolah Terintegrasi, Mal Pelayanan Publik (MPP), dan Sirkuit Untia.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Helmy Budiman.

Dia mengatakan konsep multiyears untuk keempat proyek tersebut dirancang pemerintah dikarenakan tahun ini belum bisa direalisasikan.

Sebab ada beberapa kendala yang dihadapi OPD terkait sehingga pembangunan keempat proyek ini terpaksa harus ditunda.

“Jadi empat proyek yang tidak bisa jalan tahun ini kita alihkan menjadi proyek multiyears, dan tahun ini sudah harus jalan manajemen konstruksinya,” kata Helmy, Selasa (26/7).

Helmy mendorong OPD untuk menuntaskan semua yang menjadi kendala. Termasuk soal lahan yang belum tuntas. Sehingga keempat proyek ini bisa tuntas 2024 nanti.

Dengan konsep multiyears, Helmy berharap proyek strategis yang dibangun pemerintah kota bisa lebih maksimal dan memiliki kualitas yang bagus.

Sebab menurut dia, jika tetap dipaksakan untuk pengerjaan satu tahun anggaran maka hasilnya berpotensi tidak berkualitas.

“Jadi semua kita kejar, ada yang kita targetkan rampung 2023 dan ada yang 2024. Sementara disusun skemanya oleh OPD masing-masing,” tuturnya.

Helmy juga mengingatkan kepada OPD terkait untuk mematangkan berkas administrasi agar proyek tersebut ditender lebih awal.

“Setelah mendapat persetujuan dari dewan bisa langsung kita tender dini. Nanti kita ajukan MOU-nya pada saat pembahasan KUA-PPAS APBD-P,” ucapnya.

Terpisah, Anggota DPRD Makassar, Mario David mengaku sangat mendukung rencana pemerintah kota mengalihkan pembangunan empat proyek tersebut menjadi multiyears.

“Kita mendukung konsep ini, sah-sah saja kalau dialihkan menjadi multiyears karena yang terpenting empat proyek ini jalan,” kata Mario.

Menurut Mario, empat proyek ini penting untuk dihadirkan. Sebab berkaitan dengan pelayanan langsung ke masyarakat.

“Seperti Sirkuit di Untia itu bagus untuk anak-anak muda kita, begitu juga dengan MPP dan Sekolah Terintegrasi. Jadi kalau ini diusul untuk multiyears saya sangat mendukung,” ucapnya. (*)

  • Bagikan