Lembaga Penelitian dan Pengabdian Unhas Edukasi Penanaman Nilai-nilai Sosial

  • Bagikan
Tim Pengabdian pada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Unhas, Selasa (19/07/2022) melakukan edukasi penanaman nilai-nilai sosial melalui dongeng pada Sekolah Islam Impian kecamatan Manggala kota Makassar.

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Tim Pengabdian pada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Unhas, Selasa (19/07/2022) melakukan edukasi penanaman nilai-nilai sosial melalui dongeng pada Sekolah Islam Impian kecamatan Manggala kota Makassar.

Andi Inayah Soraya sebagai Ketua tim melaporkan, pengabdian ini terdiri dari 4 kegiatan yaitu pembacaan dongeng kepada siswa, diskusi revisi kurikulum berbasi nilai-nilai sosial, pelatihan pembacaan dongeng kepada para guru, dan diakhiri dengan penyerahan donasi buku dongeng kepada pihak Sekolah islam Impian.

Dalam kegiatan ini, diharapkan para siswa mendapatkan edukasi mengenai perilaku yang patut diteladani dan yang harus dihindari melalui pembacaan dongeng yang menarik dan interaktif. Untuk sesi pembacaan dongeng dilakukan langsung oleh ketua tim bersama salah satu mahasiswa yaitu Pinkan Vania Warmoyo yang membacakan cerita Serakah Membawa Bencana dan dongeng Jerapah dan Kelinci.

Penanggung jawab Sekolah Islam Impian, Sahrani U, S. Si juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat Unhas yang turut memberikan motivasi kepada para guru dalam penggunaan metode pembelajaran dengan cara mendongeng.

Mereka yang sebelumnya tidak mengerti cara pembuatan properti dongeng, pemilihan cerita yang sesuai, dan penguasaan mimik serta intonasi dalam mendongeng kini sudah lebih mengerti dan siap mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran.

Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini berlangsung 3 hari yaitu 19 s/d 21Juli 2022 yang ditutup dengan penyerahan donasi buku dongeng nusantara kepada pihak sekolah Islam Impian.

“Terimakasih yang tak terhingga, semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut” tutur Ustadz Febriansyah selaku ketua Yayasan Islam Impian. (*)

  • Bagikan