Antisipasi Penyelundupan Narkoba di Lapas, Kanwil Kemenkumham Sulsel Bentuk Tim Khusus BKO

  • Bagikan

MAKASSAR, BACAPESAN.COM- Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan pembentukan tim khusus pegawai Bawah Kendali Operasi (BKO).

Hal tersebut dilakukan pasca maraknya isu terkait penyelundupan narkoba di beberapa lapas di Sulawesi Selatan.

Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Suprapto dalam jumpa persnya di aula Kanwil Kemenkumham Sulsel mengatakan pembentukan BKO merupakan inisiatif agar penyelundupan narkoba di lapas tidak lagi terjadi.

“Saat ini banyak sekali isu terkait berkembangnya masalah peredaran narkoba di dalam lapas. Menanggapi isu-isu yang beredar, kami seluruh jajaran berinisiatif untuk membentuk tim khusus pegawai BKO, khususnya lapas di Takalar,” ujar Suprapto Kamis (28/7/2022).

Dengan dibentuknya tim khusus kata dia, pihaknya melihat dampak positif sebab tim khusus mampu mengindentifikasi terduga penyelundupan narkoba yang terjadi di lapas Takalar.

“Kami mendapati penyelundupan narkoba terjadi dengan beberapa jenis modus, salah satunya narkoba dimasukkan ke dalam produk ikan hingga kaleng cat,” ucapnya.

“Ternyata setelah tim khusus ini kami kembangkan, kami bisa mendapatkan informasi terkait bagaimana pengedar narkoba itu bisa masuk ke lapas. Ternyata memang ada beberapa modus yang dilakukan, seperti yang telah ditemukan dari luar Depok. Pelaku yang terindikasi pun langsung ditangkap oleh anggota,” ungkap Suprapto. (*)

  • Bagikan