Liga 1, Satlantas Polres Parepare Kembali Evaluasi Rekayasa Arus Lalu Lintas di Kawasan GBH

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Satuan lalu lintas Polres Parepare, kembali mengevaluasi sistem rekayasa arus lalu lintas khususnya di kawasan stadion gelora BJ Habibie (GBH) terkait pertandingan liga 1 yang akan digelar lagi pada hari jumat (5/8/2022) antara PSM Makassar melawan Persija Jakarta.

Hasil evaluasi rekayasa lalu lintas itu, disampaikan Kepala Satlantas Parepare, AKP Muhammad Yusuf. Masing-masing kata dia, kawasan ruasa jalan dibagi menjadi 3 ring.

Ring 1 adalah ruas jalan di sekitar stadion, di mana yang boleh memarkirkan kendaraan di kawasan ini adalah kendaraan escape milik TNI/Polri, kendaraan VVIP, Forkopimda Kota Parepare, Pangdam XIV HSN, Kapolda Sulsel.

Ring 2 adalah ruas jalan antara luar stadion hingga pertigaan jalan stadion gelora BJ Habibie dan jalan Syamsu Alam Bulu kemudian ke arah barat hingga pertigaan jalan Syamsu Alam bulu hingga pertigaan jalan mengarah ke SMP 11. Jalur pada ring ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan dinas petugas TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, kendaraan sponsor dan petugas lainnya serta tamu VIP untuk diparkirkan pada kantong parkir yang telah ditentukan.

Sementara untuk Ring 3 lanjut dia, dibagi menjadi 2 ruas arah jalan, masing-masing:

  1. Mengarah ke utara, dari pertigaan jalan Syamsu Alam Bulu dan jalan stadion BJ Habibie hingga pertigaan jalan stadion BJ Habibie dan jalan H Mukaddas. Pada ring ini dapat dilalui masuk dan keluar oleh kendaraan baik roda 4 maupun roda 2 milik penonton dan suporter hingga kantong parkir yang telah ditentukan.
  2. Mengarah ke barat, dari pertigaan jalan yang mengarah ke SMP 11 hingga pertigaan jalan Beringin dan jalan Jendral Sudirman. Di mana pada ruas jalan ini hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 milik penonton dan supporter dikarenakan jalur tersebut merupakan satu – satunya akses jalur yang dilalui oleh kendaraan VVIP, kendaraan official pertandingan, official tim dan pemain, kendaraan tamu VIP, kendaraan dinas TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, sponsor serta petugas lainnya sehingga tidak memungkinkan untuk kendaraan roda 4 untuk mengakses jalan tersebut.

Yusuf menambahkan, rekayasa lanjutan dilakukan oleh Satlantas Polres Parepare setelah berkoordinasi dengan Dinas perhubungan Parepare mengenai akses jalur kendaraan.

“Yang membedakan pertandingan sebelumnya, saat ini kendaraan yang dapat mengakses hingga ke ring 1 adalah kendaraan tamu VVIP, kendaraan official pertandingan, official tim dan pemain, serta kendaraan petugas escape (rantis, raymas, dan barracuda). Di mana kendaraan tersebut dapat mengakses jalan tanpa pengalihan hingga ke ring 1 di kawasan stadion GBH,” jelasnya.

“Selanjutnya yang membedakan lagi, untuk kendaraan yang dapat akses hingga ring 2 yaitu kendaraan tamu VIP; kendaraan dinas pengangkut personil TNI, Polri, Dishub, Satpol PP; kendaraan sponsor serta petugas lainnya dengan melalui jalur yang telah ditentukan yaitu dari arah jl. Syamsu Alam Bulu kemudian dibelokkan ke arah GOR melalui pertigaan SMP 11,” urainya.
(***)

  • Bagikan