Kalapas Zainuddin Angkat Bicara Dugaan Pungli di Lapas Kelas IIA Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.COM – Kepala Lapas Kelas IIA Parepare, Zainuddin, angkat bicara terkait dugaan pungutan liar (pungli) yang dituduhkan kedirinya yang kini masih menjalani pemeriksaan internal oleh Kanwil Kemenkumham Sulsel.

“Masih diperiksa, dan saya yakin kebenaran akan terungkap. Saya tidak pernah melakukan apa yang dituduhkan, di sini kita hanya bekerja, bagaimana Parepare ini khususnya di dalam lapas bersih dari praktik pungli,” jelasnya.

Dugaan pungli inipun menarik perhatian advokat kondang H. Guntur P. Said, SH. Menurut dia, terjadi dugaan pungli atau tidak itu sebaiknya ditegur dulu, dipanggil dan diminta klrafikasinya terkait isu ini.

“Jika perbuatan yang dituduhkan memang terbukti, maka pejabat yang bersangkutan menjalani sidang dimajelis kode etik untuk diperiksa oleh pejabat yang ditunjuk,” terangnya.

Dugaan pungli ini diketahui saat beredarnya video aksi demonstrasi warga binaan Lapas Kelas II A Kota Parepare yang viral di media sosial.

Atas dugaan pungli itu, Kalapas Zainuddin untuk sementara dinonaktifkan dari jabatannya hingga selesai menjalani pemeriksaan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) di Kota Makassar.
(***)

  • Bagikan