Say no to Drugs, UKM MAPHAN UNM Gelar Penyuluhan Narkoba

  • Bagikan
UKM MAPHAN UNM Gelar Penyuluhan Narkoba

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa, Mahasiswa Peduli HIV/AIDS dan NAPZA, Universitas Negeri Makassar atau sering disebut UKM MAPHAN UNM merupakan salah satu Lembaga atau Organisasi tingkat Universitas yang bergerak dibidang sosial terkhusus pada Penyebaran Informasi terkait bahaya penyalahgunaan Narkoba dan bahaya HIV/AIDS. UKM MAPHAN UNM pada tanggal 1 sampai 7 Agustus 2022 telah melangsungkan kegiatan MAPHAN PEDULI 2022 (Bakti Sosial).

Kegiatan MAPHAN PEDULI 2022 (Bakti Sosial) UKM MAPHAN UNM Periode 2021-2022 dilaksanakan di Kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan dengan Tema “Tebarkan Kepedulian, Ciptakan Kebersamaan, Tanggulangi Bahaya Penyebaran HIV/AIDS dan Penyalahgunaan NAPZA Bersama Masyarakat”

Ketua Umum UKM MAPHAN UNM Periode 2021-2022, Muhammad Reinaldi Mustari mengatakan, “MAPHAN PEDULI atau Bakti Sosial ini adalah salah satu program kerja yang ada dalam bidang pengabdian kepada masyarakat kita laksanakan di Kota Pare-Pare karena dilihat kota Pare-Pare sudah menjadi tempat Ekspor Import nya Narkoba ataupun NAPZA yang ada di Sulawesi. Jadi dengan harapan kami, kami berada disana itu setidaknya bisa membuat masyarakat disana ataupun anak-anak sekolah yang menjadi target atau sasaran kami itu bisa mengerti apa bahaya dari penyalahgunaan narkoba dan penularan virus HIV/AIDS”.

Sementera itu dalam sambutannya Dewan Pembina UKM MAPHAN UNM, Dr. Idham Irwansyah Idrus, S.Sos., M.Pd, mengatakan “Kegiatan yang memang program tahunan yang dirancang oleh UKM MAPHAN UNM yang Alhamdulillah tahun ini dilaksanakan di Kota Pare-Pare. Program yang memang dilaksanakan rutin kemudian bergulir dari satu kabupaten kota setiap tahunnya berpindah. Tahun ini Pare-Pare yang terpilih Alhamdulillah pemerintah kota mengapresiasi memfasilitasi, saya kira tentu yang disampaikan tadi oleh ketua umum UKM MAPHAN UNM bahwa bentuk kegiatannya nanti pada dasarnya adalah sosialisasi dan pemberian edukasi kepada adek-adek mahasiswa, siswa SMA tentu saja khususnya kepada masyarakat Pare-Pare pada umumnya terkait bahaya penularan virus HIV dan penyalahgunaan NAPZA. Dan kemudian tentu saja kegiatan ini tidak hanya sekedar edukasi dan sosialisasi karena kita berharap dari kegiatan inipun juga akan memberikan ruang ruang kreasi, ruang kreatif bagi adek-adek siswa SMA di Pare-pare serta masyarakat lainnya melalui berbagai macam lomba yang akan diadakan. Setelah itu itu juga semoga dari kegiatan ini nanti memberikan Kota Pare-Pare bisa mengambil manfaat dan mendapatkan siswa siswa yang memiliki bakat-bakat yang misalnya dalam bidang desain, poster, dan berbagai macam lomba lainnya”.

Kemudian, Drs. Arifuddin idris M.P. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Pare-Pare yang mewakili Walikota Pare-Pare memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan MAPHAN PEDULI 2022 (Bakti Sosial) mengatakan “Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya mengapresiasi kepada Ukm Maphan Unm sebagai pemerkasa kegiatan ini, hal ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa dalam penanggulangan HIV/AIDS. Hadirin yang saya hormati, penanggulangan HIV/AIDS ini bukan hanya suatu persoalan Negara. Tetapi telah menjadi persoalan global. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi persoalan ini, namun sampai saat ini hasil yang diharapkan masih jauh. Perlu kami informasikan bahwa data dari dinas kesehatan kota Pare-pare, jumlah penderita HIV/AIDS dari tahun 2021 sudah ada tercatat 31 orang penderita. Diharapkan kepada semua pihak terkait, baik pemerintah,kalangan swasta, organisasi masyarakat dan lembaga perguruan tinggi serta organisasi kepemudaan bersama-sama bersinergi dalam menanggulangi penyebaran HIV/AIDS sebagai wujud kepedulian kita terhadap sesama. Hadirin yang saya hormati, sebagai penutup sambutan ini saya mengajak seluruh komponen masyarakat dan jajaran pemerintah daerah serta semua stockhorlder untuk senantiasa peduli dan berkomitmen serta bekerja secara berintegrasi terhadap penanggulangan HIV/AIDS dari segala aspek”.

Kegiatan MAPHAN PEDULI 2022 (Bakti Sosial) ini dilaksanakan selama 7 hari dengan rangkaian kegiatan:
01 Agustus 2022: Pembukaan secara online
02 Agustus 2022: Penyuluhan ke beberapa sekolah pada pagi hari yaitu
• SMPN 1 Pare-Pare
• SMAN 5 Pare-Pare
• SMPN 3 Pare-Pare
• SMP Frater Pare-Pare
Dan dilanjutkan Door to Door pada sore hari di kawasan Kecamatan Bacukiki Barat Kota Pare-Pare
03 Agustus 2022: Penyuluhan ke beberapa sekolah pada pagi hari yaitu
• SMAN 1 Pare-Pare
• SMPN 2 Pare-Pare
• SMAN 3 Pare-Pare
• SMPN 10 Pare-Pare
• SMP Kristen Pare-Pare
Dan dilanjutkan Door to Door pada sore hari di kawasan Lapangan B.J. Habibie Kota Pare-Pare
04 Agustus 2022: Penyuluhan ke beberapa sekolah pada pagi hari yaitu
• SMK PELAYARAN BAHARI Pare-Pare
• SMK KESEHATAN BAHARI Pare-Pare
• SMAN 2 Pare-Pare
• SMK 1 AMSIR Pare-Pare
• SMPN 4 Pare-Pare
• SMPN 9 Pare-Pare
• SMPN 11 Pare-Pare
Dan dilanjutkan Door to Door pada sore hari di kawasan Jl. Jendral Sudirman Kota Pare-Pare
05 Agustus 2022: Penyuluhan ke beberapa sekolah pada pagi hari yaitu
• SMPN 12 Pare-Pare
• SMAN 4 Pare-Pare
• SMP PGRI 1 Pare-Pare
Dan dilanjutkan Door to Door pada sore hari di kawasan Pelabuhan Kota Pare-Pare
06 Agustus 2022: Lomba Ranking 1 Tingkat SMP Sederajat Kota Pare-Pare pada Pukul 09.00 – 12.00 WITA dan dilanjutkan Pameran Poster Karya Peserta Lomba Poster Tingkat SMA Sederajat Kota Pare-Pare pada Pukul 13.30 – 15.30 WITA.
07 Agustus 2022: Talkshow dan Pengumuman serta Penyerahan hadiah lomba kepada pemenang lomba Ranking 1 dan lomba Poster sekaligus Menutup kegiatan MAPHAN PEDULI 2022 (Bakti Sosial). (*)

  • Bagikan