Cacar Monyet Pertama di Jakarta, Anies: Cek ke Bu Kadis Saya Ya…

  • Bagikan
ILUSTRASI cacar monyet

JAKARTA, BACAPESAN.COM – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi wilayah pertama ditemukannya kasus cacar monyet di Indonesia.

Pasien pertama cacar monyet di Indonesia yang berada di Jakarta terpapar usai melakukan perjalanan luar negeri.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya tengah memantau kasus cacar monyet pertama yang ditemukan di Jakarta.

“Kita sedang monitoring itu,” katanya, Minggu, 21 Agustus 2022.

Ditaambahkannya, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terkait perkembangan pasien cacar monyet tersebut.

Dia mengatakan terkait detail penanganan dan perkembangan kasus cacar monyet di Jakarta dapat ditanyakan kepada Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

“Cek ke bu Kadis saya ya,” ujar Anies.

Sebelumnya Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengumumkan adanya kasus terkonfirmasi cacar monyet di Indonesia yaitu seorang laki-laki berumur 27 tahun yang berasal dari DKI Jakarta.

“Hari ini, pasien ada yang satu terkonfirmasi, dari DKI Jakarta, laki-laki 27 tahun, dapat laporan pemeriksaan PCR tadi malam,” kata Syahril dalam konferensi pers daring, di Jakarta, Sabtu (20/8).

Pihaknya menambahkan pasien tersebut merupakan pelaku perjalanan dari luar negeri dan memiliki gejala demam dan ruam di beberapa bagian tubuh.

“Ada demam, kemudian juga ada pembesaran kelenjar limpa, tapi keadaannya baik, artinya tidak sakit berat dan ada cacar-nya atau ruam-ruamnya di muka, di telapak tangan, kaki dan sebagian di sekitar alat genitalia,” katanya.

Pihaknya mengapresiasi Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang merespons cepat ketika ada pasien bergejala cacar monyet dengan melakukan pemeriksaan PCR untuk memastikan penyakit yang diderita. (fin/*)

  • Bagikan