Kadisporapar Parepare: Lomba Gerak Jalan Sebagai Ajang Tunjukkan Semangat Juang dan Nasionalisme ke Pelajar

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID – Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Parepare, Amarun Agung Hamka melepas peserta lomba gerak jalan tingkat SMP dan SMA/sederajat.

Para peserta yang terdiri 28 barisan SMP/MTs dan 16 barisan SMA/MA atau sederajat ini dilepas di alun-alun kota, Lapangan Andi Makkasau, Parepare, Rabu, (24/8/2022), malam.

Hamka yang mengenakan rompi abu-abu dengan warna topi sepadan ini nampak setia menyemangati peserta dari awal hingga akhir acara yang berakhir pada pukul 01.00 lebih wita, Kamis, (25/8/2022) dini hari.

Semangat juang dan nasionalisme ini ditunjukkan Hamka agar para peserta tetap semangat dalam mengobarkan semangat kemerdekaan, meski sempat sesaat diguyur hujan.

“Alhamdulillah para pelajar kita tetap semangat dari awal hingga akhir. Walau sempat hujan mereka tidak gubris, mereka tidak keluar barisan. Ini artinya Bapak/Ibu guru kita di tingkat satuan pendidikan berhasil menanamkan jiwa nasionalisme kepada mereka,” kata Hamka.

Pelaksanaan lomba gerak jalan malam hari selama tiga malam berturut-turut ini mendapat respon luar biasa dari masyarakat Parepare, bahkan dari luar daerah. Sepanjang titik atau rute dipadati penonton seakan mengobati kerinduan mereka terhadap pelaksanaan festival kemerdekaan HUT RI yang sempat terhenti di tahun sebelumnya lantaran pandemi Covid-19.

Pelaksanaan kegiatan ini pun mendorong kuat pemulihan ekonomi dengan melibatkan para pelaku UMKM sehingga tema sentral peringatan HUT RI ke-77 “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” terwujud di kota yang dinakhodai putra daerah, Taufan Pawe.

“Luar biasa kami apresiasi pelaksanaan lomba gerak jalan ini. Kami bangga Parepare menggelarnya di malam hari sehingga kami nyaman menonton, tidak panas, walaupun tadi sempat hujan tapi hanya sebentat. Jangankan peserta, kami saja penonton tidak keluar dari area nonton. Kami sangat menikmati. Terima kasih Pemerintah Kota Parepare,” ucap Darmawan yang antusias menyaksikan lomba hingga akhir acara.
(***)

  • Bagikan