Pasar Sumpang Minangae Menjadi Magnet Publikasi di Indonesia

  • Bagikan

PAREPARE, BACAPESAN.FAJAR.CO.ID-Pasar Rakyat Sumpang Minangae Kota Parepare menjadi magnet publikasi di Indonesia, itu setelah meraih juara satu Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas tingkat nasional pada 2021.

Buktinya, media nasional Antara News TV datang langsung ke Parepare untuk meliput dan mempublikasikan kiat sukses Pasar Sumpang Minangae menjadi pasar yang aman terbaik di Indonesia.

“Jadi media nasional Antara News ini datang menelusuri dan melihat bagaimana komitmen Pemerintah Kota Parepare, pengelola pasar, dan pedagang pasar dalam pengelolaan Pasar Sumpang sehingga menjadikannya Pasar Pangan Aman terbaik nasional,” ungkap Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Parepare, Prasetyo Catur usai proses wawancara dengan Antara TV.

Prasetyo mengemukakan, sinergitas dan kolaborasi antar SKPD dalam Gabungan Dinas Pasar Pangan Aman (Gadis Paman) sekaligus merupakan Tim Koordinasi Pengawas Obat dan Makanan Parepare menjadi penentu terciptanya Pasar Aman dari Bahan Berbahaya di Parepare.

Hal sama diungkap Kepala Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (PKP) Parepare, Wildana yang ikut dalam proses wawancara.

“Jadi Pasar Aman ini adalah support dari semua SKPD yang tergabung dalam Gadis Paman. Support kami Dinas PKP adalah mengamankan dan memastikan Pasar Sumpang ini aman dari bahan berbahaya yang dijual pedagang. Sekaligus kami menyiapkan laboratorium untuk menguji sampel bahan tersebut. Alhamdulillah, sampai saat ini kami belum menemukan bahan berbahaya di Pasar Sumpang,” terang Wildana.

Pasar Sumpang Minangae adalah pasar rakyat bersertifikat SNI yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana representatif. Di antaranya ruang laktasi, pos kesehatan, musala, toilet, sarana parkir, ruang pengaduan konsumen, bank sampah, dan etalase produksi home industri pelaku UMKM.

Pasar Sumpang Minangae yang berkonsep wisata belanja ini berada di Kawasan Tonrangeng River Side. Dilengkapi ruang pojok uji pangan aman sebagai tempat menguji bahan makanan jika diragukan mengandung bahan berbahaya. Kemudian tempat timbangan ulang di setiap sudut pasar, dan penyediaan sayur hydroponik.

Pasar Sumpang Minangae juga menyiapkan pelayanan belanja secara online dengan menggunakan QRIS, jasa Grab, serta harga dapat dipantau secara transparan dan update pada layar monitor yang terdapat di pintu utama pasar.

“Komitmen kami ingin memproteksi konsumen dan masyarakat kita dari bahan pangan berbahaya serta menghadirkan tata kelola pasar menjadi destinasi belanja dan wisata. Dan Alhamdulillah sudah teruji dengan penghargaan Pasar Sumpang Minangae yang terpilih menjadi juara satu Lomba Pasar Pangan Aman tingkat nasional yang diselenggarakan BPOM RI,” kata Wali Kota Parepare, Taufan Pawe.

Pasar Sumpang Minangae dinobatkan menjadi juara satu atau terbaik nasional pada Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas berdasarkan penilaian yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI dan enam Kementerian pada 2021.
(***)

  • Bagikan