F8 Fantastis : Akrobat Udara Pukau Pengunjung, Dihadiri Sejumlah Figur Bacapres

  • Bagikan
Atraksi Pesawat pada Event F8 Makassar

MAKASSAR, BACAPESAN.COM – Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 begitu fantastis. Ribuan masyarakat Kota Makassar menjadi saksi dimulainya event yang masuk dalam agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) ini.

Masyarakat nampak antusias menyaksikan dan mengabadikan moment beragam demonstrasi udara yang tampil sebagai pembuka hajatan akbar yang dimulai, Rabu (7/9/2022) kemarin.

Pembukaan F8 diwarnai beberapa atraksi, mulai dari atraksi udara dan laut, terjun payung, paramotor, jet tempur, fly board, jet sky, hingga kapal pinisi. Untuk atraksi udara, salah satu yang paling ditunggu adalah atraksi dua pesawat tempur Sukhoi yang akan memperlihatkan kemampuannya bermanuver di udara di atas Pantai Losari.

Demo udara diawali dengan aksi pesawat Boeing 737- 200 yang mempertontonkan operasi intai udara. Pesawat berjuluk Duyung ini disertai sensor kamera resolusi tinggi yang mendukung operasi pengawasan dan pengintaian secara real time, bahkan di malam hari.

Atraksi dilanjutkan dengan Operasi Mobilitas Udara dengan pesawat C-130 Hercules dan melibatkan 18 Penerjun Pasukan Komando Gerak Cepat TNI Angkatan Udara dari Squadron Udara 33 Lanud Sultan Hasanuddin yang terjun dari ketinggian 8.000 kaki.

Tak hanya itu, event Makassar F8 2022 kali ini juga dibanjiri artis dan band papan atas Indonesia. Seperti Ungu , Padi Reborn dan Gigi band. Juga tetap pada konsep awal, dengan menghadirkan karya seni. Di antaranya Film, Food and Fruit, Fashion, Fiction Writers and Font, Fine Arts, Folk, Fusion Music, Flora and Fauna.

Yang menarik, tokoh-tokoh nasional yang disebut bakal menjadi calon presiden juga hadir dalam pembukaan Makassar F8 itu. Seperti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Hadir pula Wali Kota Bogor, Bima Arya dan banyak pimpinan kepala daerah dari Sulawesi dan luar Pulau Sulawesi lainnya.

“Berdasarkan hasil informasi intelijen yang diperoleh Duyung, obyek vital kekuatan musuh berhasil diidentifikasi, sehingga diputuskan misi sabotase kekuatan lawan untuk melemahkan pertahanan dan pengawasan lawan,” seru narator atraksi dirgantara Makassar F8 2022, Lettu Nav Aziziel.

Setelah itu, operasi SAR oleh helikopter NAS 332 Super Puma beraksi mendemonstrasikan aksi penyelamatan korban dengan teknik hoist.
Akhirnya pesawat jet tempur Sukhoi pun beraksi. Dua unit Sukhoi 27 ini akan melakukan manuver Cross Over disusul aksi sikulasi penyerangan dengan teknik split attack.

“Untuk persembahan terakhir kita akan terbang rendah dari arah belakang podiuk. Bersiaplah untuk merasakan gemuruh dari the Stinger, sebutan para penerbang Sukhoi 27/30 skuadron udara 11,” seru sang narator, Lettu Penerbang Avinash.

Beberapa menit sebelumnya demonstrasi dirgantara di langit Makassar F8 dibuka dengan atraksi paramotor oleh TNI AU. Ada dua paramotor yang diterjunkan, masing-masing menhibarkan bendera Official Makassar F8 dan bendera ucapan “Selamat dan Sukses F8 Makassar 2022”.

Makassar F8 tahun ini merupakan kali pertama dihadiri Menparekraf Sandiaga Uno. Tahun ini merupakan Makassar F8 yang kelima kali digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bersama PT Festival Delapan Indonesia. “Untuk pertama kalinya Menparekraf Sandiaga Uno hadir dan membuka kegiatan ini,” singkat Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar, Mohammad Roem.

Selain Menparekraf Sandiaga Uno, Makassar F8 yang mempromosikan potensi pariwisata, seni, budaya, dan kuliner ini juga akan dihadiri banyak pimpinan kepala daerah dari Sulawesi dan luar Pulau Sulawesi.

“Jadi ada banyak tamu dari luar Sulawesi Selatan, kepala daerah yang akan datang ke F8 ini sehingga pasti akan mendongkrak kunjungan angka wisatawan di Kota Makassar,” ujarnya.

Sedangkan untuk tamu luar negeri, dikatakan Roem baru diutus dari Konsulat Jenderal yang menetap di Kota Makassar. Namun ada beberapa negara yang sudah mengirim produk kreatif berupa film.
“Negara-negara itu seperti Konsulat Jenderal Australia Bronwyn Robbins, Konsulat Jenderal Kehormatan Perancis, dan Jepang,” jelasnya.

Adapun Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadir langsung dalam menyaksikan atraksi itu. Ridwan tiba di Anjungan Pantai Losari menjelang magrib, sekira pukul 18.00 WITA. Saat tiba di anjungan Kang Emil-sapaannya langsung diserbu pengunjung.

Warga setempat terus mengikuti Kang Emil, mereka memanfaatkan kesempatan untuk foto bersama atau selfi bersama ayah almarhum Emmeril Khan Mumtadz tersebut.

Kang Emil saat tiba menemui langsung Wali Kota Makassar Danny Pomanto di panggung utama. Tibanya di panggung utama, RK kembali dikepung oleh tamu-tamu yang ada di area tersebut.

Mereka sangat antusias menyambut kedatangan RK. Setelah itu, Ridwan Kamil didampingi Danny Pomanto dan Wali Kota Bogor Bima Arya menuju tenant milik Pemprov Jabar.

Danny, RK, dan Bima Arya sempat adu kemampuan untuk melukis bebas ditempat yang telah disiapkan. Aktivitas ketiga pejabat tersebut mendapat perhatian dari pengunjung.

Sambil melukis, Ridwan Kamil terus disoraki oleh pengunjung. “Kang Emil, Bang RK, RK presidenku,” sorak beberapa pengunjung yang ada di lokasi.

RK juga sempat menyapa masyarakat Makassar menggunakan bahasa Makassar.”Aga kareba Makassar,” sorak Ridwan Kamil.

Teriakan tersebut langsung disambut hangat oleh masyarakat. Diketahui, tenant milik Jabar merupakan tenant terbesar diantara yang lainnya.

Bahkan, Pemprov Jabar menyediakan videotron untuk mempromosikan produk-produk dari Jawa Barat. Sejumlah atraksi atau demo air telah ditampilkan menjelang petang di Anjungan Pantai Losari. (*)

  • Bagikan